Keberangkatan Jemaah Umrah Menunggu Kabar dari Arab Saudi

BATAMCLICK.COM, Kepastian jadwal keberangkatan untuk jemaah umrah dari Indonesia, masih menunggu keputusan resmi dan izin dari Pemerintah Arab Saudi.

Termasuk, calon jemaah umrah dari Kota Batam. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Batam, Zulkarnain Umar, mengatakan,vsampai sekarang belum ada informasi resmi dari Kemenag terkait keberangkatan umrah tersebut.

”Belum ada informasi, apakah Maret 2021 ini sudah mulai dibuka lagi, kita masih belum menerima pernyataan resmi dari Dirjen (Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah dari Kemenag),” ujar Zulkarnain di Sekupang, Senin (1/3/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

BACA JUGA:   Rudi Buat Terobosan, Perizinan tak Perlu Teken Deputi apalagi Kepala BP Batam

Namun begitu, lanjutnya, sembari menunggu informasi dari pusat, sejumlah agen dan biro keberangkatan ibadah umrah sudah mempersiapkan sejumlah persyaratan bagi jemaah yang akan berangkat ke Tanah Suci.

”Ketika sudah ada informasi resmi, jadi tinggal berangkat,” bebernya.

Ditambahkannya, sejauh ini Kemenag Batam hanya menunggu apa yang menjadi keputusan di pusat.

Hasil keputusan ini nanti yang akan disampaikan kepada seluruh agen dan biro perjalanan umrah di Batam.

”Termasuk haji, juga belum ada informasi resmi. Kita masih menunggu,” ucap Zulkarnain.

Menurutnya, dampak dibatasinya pelaksanaan ibadah umrah oleh pemerintah Arab Saudi membuat makin banyak daftar calon jemaah yang tertunda berangkat ke Tanah Suci.

BACA JUGA:   Sambil Benahi Birokrasi, Gubernur Tancap Gas Pulihkan Ekonomi

Selain itu, biaya umrah juga mengalami kenaikan setelah pemerintah Arab Saudi menetapkan sejumlah persyaratan tambahan untuk melaksanakan ibadah di tengah Pandemi Covid-19 yang melanda.

”Ya karena ada swab test (PCR), terus (jenis) hotel ditentukan juga (oleh Arab Saudi). Termasuk, usia berapa yang boleh berangkat juga ditetapkan,” pungkasnya.

Sumber: BATAMPOS