Uri-uri Budaya Jawa, Babinsa Cilibang Hadiri Gebyag Kesenian Kuda Kepang

Cilacap – Mengawali tahun baru 2023 sekaligus membentuk kepengurusan baru paguyuban kesenian kuda kepang, paguyuban seni kuda lumping Desa Cilibang menggelar gebyag Kesenian Kuda Kepang Sekar Asmara Teguh Pambudi,  di halaman rumah milik Budi, warga RT 02/02 Dusun Kalirau Desa Cilibang Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Senin (02/01/2023).

Kegiatan dihadiri langsung Kepala Desa Cilibang Purnomo Edy, SH., Babinsa Cilibang Koramil 02/Jeruklegi Sertu Urip Ashari, Ketua Paguyuban Seniman Ebeg Cilacap Bersatu Babeh Slamet, Kepala Dusun Kalirau Radin, Ketua RW dan Ketua RT Dusun Kalirau serta dihadiri warga Desa Cilibang dan sekitarnya untuk menyaksikan pentas seni Tari Kuda Kepang yang disajikan untuk warga masyarakat. 

BACA JUGA:   Jalan Penghubung Dibuat Dengan Penuh Semangat

Kepala Desa Cilibang mengapresiasi kepada Paguyuban Kuda Kepang Sekar Asmara Teguh Pambudi yang telah menyelenggarakan kegiatan kesenian pentas kuda kepang sebagai wujud untuk nguri uri budaya Jawa. Dan juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Seniman Cilacap Bersatu (SCB) Slamet yang telah merangkul kesenian kuda kepang Desa Cilibang 

“Semoga kedepannya kesenian kuda kepang semakin maju dan terus berkembang dan tidak tergerus perkembangan zaman. Ini budaya bangsa yang harus terus diuri uri, agar budaya tanah Jawa ini tidak punah akibat kemajuan zaman,” Kata Purnomo Edy.

BACA JUGA:   Pra TMMD TNI Selalu Hadir Di Tengah-Tengah Masyarakat

Sertu Urip Ashari menambahkan, pagelaran seni tari kuda kepang ini selain menyajikan seni tari untuk warga masyarakat, juga mengajak warga untuk selalu cinta akan budaya, nguri-uri seni budaya agar tidak terkikis dengan perkembangan zaman. Selaku Babinsa, dia juga mengajak kepada masyarakat yang menonton untuk menjaga keamanan agar jalannya pagelaran kesenian ini berjalan dengan tertib dan lancar.

“Kami mengajak kepada warga untuk selalu cinta akan budaya Jawa ini dan terus nguri-uri seni budaya agar tidak terkikis dengan perkembangan zaman. Selaku Babinsa saya juga menghimbau agar tidak ada keributan agar acara ini berjalan dengan tertib dan aman,” Ucapnya 

BACA JUGA:   Sinenek Membakar Sampah dipinggir Jalan Penghubung Desa

(R.02)