Kodim dan Pemkab Cilacap Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Cilacap – Kodim 0703 Cilacap dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 tingkat kabupaten, bertempat di halaman Pendopo Wijayakusuma Sakti Kab. Cilacap, Jl. Sudirman No. 32, Cilacap, Sabtu (1/10).

Hadir dalam kegiatan Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos, Kasdim 0703 Cilacap Mayor lnf. Saeroji, Wakapolres Cilacap Kompol Suryo Wibowo, S.I.K, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Hendri Tobing, S.H., M.H, Kasi lntel Kejaksaan Negeri Cilacap Wawan, Wakil Ketua DPRD Cilacap Purwadi, S.Pd, Sekda Kab. Cilacap Awaluddin Muuri, AP., M.M, para Asisten Setda Kabupaten Cilacap, para Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

BACA JUGA:   Malam Jum'at, TNI Satgas TMMD Sholat Isya' Berjamaah Bersama Warga

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Komandan Upacara (Danup) Kapten Cba M.Isa Saefudin yang sehari hari menjabat Danramil 07 Maos dan Perwira Upacara Kapten Cpm Agus Santoso.

Adapun peserta terdiri dari pasukan gabungan dari pasukan Kodim 0703 Cilacap, Lanal Cilacap, Polres Cilacap dan Kompi gabungan Pemda yang terdiri dari Satpol PP, Sekda, BPPKAD dan Dinkes Kab Cilacap dan dinas lainnya serta Mahasiswa dan pelajar.

Dalam sambutannya Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji selaku Irup mengatakan bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Bangsa Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar Negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA:   Jelang Kunjungan Panglima TNI, Dandim 0703/Cilacap Apelkan Seluruh Jajarannya

“Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan, Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara,”katanya.

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperoleh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutupnya.

BACA JUGA:   Mushola Nurul Iman Telah selesai Direhab, Kegiatan Ibadah Warga Berjalan Lancar

(Oke)