Pelatihan Kerja Bentuk Perhatian Pemkab Karimun Dengan Putra Tempatan

BATAMCLICK.COM: Pemerintah Kabupaten Karimun membuka pelatihan ketenagakerjaan bagi anak tempatan daerah.

Selain menambah kuota pelatihan, Pemkab Karimun melalui Dinas Tenaga Kerjaan dan Perindustrian Kabupaten Karimun juga akan menambah kuota peserta pelatihan.

“Pemerintah Kabupaten Karimun telah menyiapkan sebanyak 17 jenis pelatihan bagi calon tenaga kerja lokal pada tahun ini,” ujar Ruffindy Alamsyah, Kadis Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Karimun.

Sebelumnya, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian telah menggelar dua jenis pelatihan. Yakni bidang rigger dan scaffolding,

Tidak hanya itu, Ruffindy menyebut ada 15 jenis pelatihan tenaga kerja lainnya, yakni pelatihan Las 3G. Kemudian las 4G dengan dua angkatan, Las 6G, Operator Pesawat Angkat Angkut, painting, blasting, komputer aplikasi perkantoran, pelatihan Teknisi K3 Listrik, Mekanik Pesawat Angkat Angkut, Satpam, Sertifikasi Fitter.

BACA JUGA:   Rudi Pastikan Berikan Solusi Terbaik Bagi Anak yang Belum Diterima di Sekolah Negeri

Fitter Structure, K3 Umum, Sertifikasi Operator Komputer dan Serftifikasi Juru Las 3 G.

“Dengan keseluruhan jenis pelatihan ini nantinya akan melibatkan sebanyak 430 orang peserta,” tambahnya.

Adapun syarat bagi calon tenaga kerja yang hendak mengikuti keseluruhan pelatihan itu.

Di antaranya minimal tamatan SLTA sederajat, berusia minimal 19 tahun dan maksimal 35 tahun, belum bekerja atau sedang tidak bekerja dan memiliki KTP Kabupaten Karimun.

“Sebenarnya untuk syarat-syarat bagi calon tenaga kerja yang kita terapkan ini, telah mengacu pada aturan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) pusat,” jelasnya.

BACA JUGA:   Peringati Hari Bhakti Kemasyarakatan Ke 58, LPKA Kelas II Batam Gelar Baksos

Kemudian, peserta yang telah dinyatakan lulus dalam pelatihan tersebut nantinya akan mendapat sertifikasi berlisensi Kementerian Ketenagakerjaan.

“Sertifikasi yang dikeluarkan setiap pelatihan berlisensi dari Kementerian Ketenagakerjaan dan selama pelatihan juga dipantau langsung oleh Kementerian,” tambahnya.

Ruffindy juga menjelaskan, pelatihan tenaga kerja itu sejalan dengan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan melatih tiga ribu tenaga kerja lokal selama lima tahun kedepan.

Dimana keseluruhan pelatihan yang diadakan tahun ini juga sudah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau pasar kerja di Kabupaten Karimun.

BACA JUGA:   Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Antisipatif Varian Omricron

Selain itu, pelatihan tersebut juga bersumber dari anggaran Dana Insentif Daerah (DID), APBD Karimun termasuk pokok-pokok pikiran (Pokir) DPRD Karimun.

Terakhir, Ruffindy mengajak masyarakat Karimun untuk mendaftar dan memanfaatkan pelatihan yang akan digelar untuk meningkatkan kualitas SDM lokal.

Bagi masyarakat Karimun atau calon tenaga kerja harus memanfaatkan pelatihan ini dengan baik, agar kompetensi dalam bidang yang di geluti dapat meningkat. Dengan demikian, tenaga kerja anak tempatan dapat bersaing dalam bursa kerja dimanapun berada.***