Kasdim Hadiri Pembukaan Pelatihan dan Pembinaan Paskibraka Kabupaten Cilacap 

Cilacap – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703/Cilacap Mayor Inf Saeroji, menghadiri pembukaan Kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Paskibraka Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022, di Aula Hotel Aldo, Jln. S. Parman No. 78 – 80 Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah,  Kabupaten Cilacap, Senin (1/8).

Kegiatan dihadiri Sekda Kab Cilacap Awaluddin Muuri, A.P., M.M., Kasdim Mayor Inf Saeroji, Pasiminlog Lanal Cilacap Kapten Laut (S) Syamsul Arifin, Kasatbinmas Polres Cilacap AKP Setyo Nugroho, S.H., Kadisporapar Cilacap Paiman, S. Ag., M. Pd., Kasatpol PP Luhur Satrio Muchsin, SSTP, M,Si dan Kabid Wasbang Kesbangpol Cilacap Mambang Retno Wasi, S.Pd., M.Si serta anggota Paskibraka dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan diawali menynyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Laporan Kepala Disporapar, Sambutan Bupati Cilacap, Penyerahan Tanda Peserta Pemantapan Paskibra, Doa, Menyanyikan lagu Padamu Negeri dan Penutup.

BACA JUGA:   Satu Lagi, Warga Kecamatan Adipala Meninggal Dunia Karena Positif Covid-19

Dalam laporannya Kadisporapar Cilacap Paiman, S. Ag., M. Pd memaparkan dasar kegiatan, tujuan dan jalannya seleksi dan pembinaan Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) Tahun 2022 Kabupaten Cilacap, waktu pelaksanaan, hasil pantauhir, unsur pelatih dan juga anggaran. 

“Adapun kegiatan pembinaan dan pelatihan Paskibraka ini bertujuan untuk menanamkan dan memupuk rasa persatuan dan Kesatuan, Berbangsa dan Bernegara, Patriotisme serta cinta tanah air di kalangan pemuda, meningkatkan partisipasi dan peran aktif pemuda dalam

membangun dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara, serta memberikan kesempatan kepada pemuda untuk berekspresi kreativitas, beraktivitas sesuai dengan potensi serta keahlian yang dimiliki,” Paparnya.

Sementara itu dalam sambutan Bupati Cilacap yang di bacakan Sekda Awaluddin Muuri, secara pribadi dan pemerintah mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah diberi kepercayaan untuk melaksanakan tugas yang cukup berat namun mulia. Dengan harapan berbagai tugas Paskibraka pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke – 77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Cilacap dapat dilaksanakan dengan baik, lancar, dan berhasil dengan sukses.

BACA JUGA:   Bersenda Gurau Menjadi Obat Untuk Hilangkan Lelah Satgas TMMD dan Warga

“Hal ini tentunya dapat diraih apabila anggota Paskribaka menjalani latihan dengan sungguh sungguh dan penuh rasa tanggung jawab,” Ucapnya.

Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, secara nasional dan daerah diadakan pemilihan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, yang terdiri dari para pelajar pilihan tingkat SLTA sederajat. Hal ini menurut Bupati mengandung makna simbolis, yakni sebagai estafet pewaris dan pelestarian nilai-nilai semangat perjuangan kepada generasi muda, selaku penerus perjuangan bangsa.

“Untuk itu, sudah menjadi kewajiban kalian semua, agar kepercayaan dan kesempatan yang tidak dimiliki oleh setiap siswa hendaknya dapat kalian syukuri,” Ujar Bupati.

BACA JUGA:   Satgas TMMD Mengisi Bensin Motornya Sebelum Macet Di Jalan

Menurut Bupati, salah satu ungkapan rasa syukur ini, adalah dengan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dari mulai latihan hingga pada saat pengibaran dan penurunan bendera nanti karena puncak peringatan proklamasi Kemerdekaan Republik 

Indonesia adalah upacara itu sendiri, sehingga sudah seharusnya kesuksesan tim dalam menjalankan tugas yang sangat berat namun mulia ini, menjadi tekad serta komitmen bersama.

“Tekad ini saya minta untuk diwujudkan melalui latihan yang sungguh-sungguh dan penuh dengan rasa tanggungjawab yang tinggi, sehingga pada saatnya nanti tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan sukses,” Pintanya.

Diakhir sambutannya, Bupati melalui Sekda secara resmi membuka kegiatan pelatihan dan pembinaan Paskibrak tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022. Dengan mengucap “Bismillahirahmanirahim”,Pelatihan dan Pembinaan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022, secara resmi saya nyatakan di mulai”.

(PendimClp)