Pangkalan TNI AL Bintan dan BKP Kelas I Batam Gelar Patroli Bersama

Batamclick.com, Bintan – Komandan Lanal Bintan Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf, S.H., M.H., didampingi Pasops Lanal Bintan Mayor Laut (P) Ahmad Sofyan serta Pasintel Lanal Bintan Kapten Laut (P) Mugiyono menggelar Patroli Laut bersama dengan BKP (Balai Karantina Pertanian) Kelas I Batam di sekitar Perairan Pulau Air Batam, Kamis (29/12/2022).

Setelah medio September lalu melaksanakan patroli bersama dengan PSDKP, Lanal Bintan melaksanakan patroli bersama BKP yang merupakan realisasi pelaksanaan PKS dan SOP dalam pengawasan dan perkarantinaan hasil kesepakatan, komitmen Kepala KKIP- Ir. Junaidi serta Ka BKP- Ir. Iyus Hidayat, M.P. kepada Danlanal pada awal bulan September 2022 lalu untuk direalisasikan + bisa patroli bersama agar tetap bersinergi yaitu memberikan terhadap tugas dan tanggung jawab yang di emban BKP dalam pengawasan , pencegahan masuk, tersebar dan keluarnya Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dalam hal ini melewati jalur Laut.

BACA JUGA:   Silaturahmi PLT Bupati Bintan ke Lapangan Tembak Yonmarhanlan IV Tpi

Dalam kegiatan patroli bersama dengan BKP tersebut dilaksanakan dengan menggunakan Patkamla CB 58 sekaligus mengecek kesiap siagaan alpung, kegiatan ini di gelar dalam rangka menegakan Hukum di Laut, menciptakan kondisi aman dan tertib di Laut, serta Berkolaborasi untuk menciptakan dan menguatkan Sinergitas, Soliditas.

“Koordinasi, Komunikasi, dan Kerjasama, yang dilaksanakan sebagai langkah upaya preventif, sehingga dengan pelaksanaan patroli minimal ada efek detterent nya,” ungkapnya.

Danlanal Bintan tekankan, bahwa Perwira dan Prajurit pengawak agar tetap semangat dan bangga dalam menjaga Tapal Batas, terlebih dalam memantau lalu lintas keluar masuk perairan bahwa fungsi pengawasan dan pengendalian terkait hal kekarantinaan menurut UU nomor 21 Tahun 2009 sangat strategis dan perlu dipahami bersama, agar keamanan pangan, mutu dan layak halal, tumbuh tumbuhan dapat terkontrol/terjaga, terlebih perlindungan SDI tertentu dan apalagi satwa liar yang dilindungi oleh aturan hukum dan penekanan dari Kasal tetap dipedomani dengan baik serta laporkan segera perkesempatan pertama bila ada hal-hal penting untuk segera diketahui Pimpinan.

BACA JUGA:   Shalat Tarawih Perdana Bulan Ramadhan 1442H/2021 M DI LPKA Batam

Turut hadir dalam Patroli bersama tersebut diantaranya Komandan Lanal Bintan Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf, S.H., M.H., Pasops Lanal Bintan Mayor Laut (P) Ahmad Sofyan, Pasintel Lanal Bintan Kapten Laut (P) Mugiyono, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Batam Ir. Iyus Hidayat, M.P., Subkoordinator Kewasdakan drh. Romauli Basa Simatupang, M.H. beserta staf BKP drh. T. Iskandar, M.H., Wasis Prihartono, S.P., Fuad Helmi Nasution, S.Sos., Ferry Hamdhani, Isnanda Mahandiri, A.Md., dan Bambang Sanjaya.