Bendera Merah Putih Berukuran 30×20 Meter Terbentang di Puncak Bukit Panawangan

Ciamis – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Kodim 0613/Ciamis melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di Puncak Bukit di wilayah Desa Cinyasag Panawangan. Tepatnya di Lapang Bubulak Dusun Cinyasag, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (30/5/2024).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Afiid Cahyono, S.Sos., SH., M.Han., dan diikuti oleh ratusan personel gabungan TNI-Polri dan Instansi Pemerintah serta Elemen Masyarakat di Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Turut hadir juga Penjabat (Pj) Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna, Kapolres Ciamis AKBP Akmal SH., S.I.K., M.H., Kasi Datun Kejaksaan Negeri Ciamis dan Pimpinan BRI Cabang Ciamis. 

Bertindak selaku Inspektur Upacara Pj Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna dan Komandan Upacara dari Kodim 0613/Ciamis yakni Kapten Inf Suhendro. Sementara petugas pengerek bendera merupakan Paskibraka Kecamatan Panawangan.

BACA JUGA:   Serda Sukarji Bernostalgia Dengan Anak-anak Desa Tamansari

Tak hanya pengibaran bendera merah putih, momen ini juga dilakukan pembentangan bendera merah putih raksasa di Puncak Bukit Dusun Cinyasag. Bendera dengan ukuran 30×20 meter dibentangkan oleh seluruh peserta upacara seusai pengibaran bendera oleh Paskibraka Kecamatan Panawangan di Puncak Bukit Dusun Cinyasag.

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna menyampaikan apresiasi kepada jajaran Kodim 0613/Ciamis dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Kiranya kegiatan ini menjadi semangat semua orang di dalam mengisi Hari Kemerdekaan dengan bingkai persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kiranya semangat pahlawan bisa ditiru dan dapat mengisi kemerdekaan. Kita tetap dalam bingkai kesatuan NKRI, NKRI harga mati,” kata Pj Bupati Ciamis.

BACA JUGA:   Hari Penutupan TMMD Reguler 111 TA.2021, Anggota Satgas TMMD Berpamitan Kembali di Satuan Asal

Pj Bupati Ciamis menuturkan bahwa daerah ini merupakan salah satu medan pertempuran para pahlawan kemerdekaan. Semoga para pahlawan kita yang gugur di tempat terbaik disisi Tuhan Yang Maha Esa. 

“Pupuk semangat dengan jiwa dan raganya, kita sedang menuju negara maju ke 4 dunia, kita menuju negara emas di tahun 2045,” kata H. Engkus Sutisna.

Sementara itu, Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Afiid Cahyono S.Sos., SH., M.Han., menyampaikan, hari ini ratusan orang dengan kompak dan penuh semangat membentangkan bendera merah putih raksasa di salah satu puncak tertinggi di Kabupaten Ciamis. Pengibaran bendera raksasa itu juga bagian dari pada memupuk semangat persatuan dan kesatuan untuk bangsa dan negara tercinta yakni Indonesia.

BACA JUGA:   Kasdim Hadiri Rapat Persiapan Kunker Panglima Komando Armada ll di Lanal Cilacap

“Ini dilakukan untuk memupuk semangat kecintaan dan rasa bangga terhadap Bangsa Indonesia. Serta menghargai jasa jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia,” kata Letkol Inf Afiid Cahyono.

Seusai pengibaran bendera merah putih, rombongan pejabat bergerak menuju lokasi yang bersejarah perjuangan Pahlawan dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia. Lokasi tersebut yakni Tugu Panji Siliwangi Dusun Cirikip Desa Cinyasag Kecamatan Panawangan.

(Pendim)