Batam Luncurkan KEK Pariwisata Kesehatan Internasional

Batam, Indonesia – Dalam langkah signifikan menuju kemajuan ekonomi regional, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, telah menyetujui pembentukan tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia, termasuk KEK Pariwisata Kesehatan Internasional Batam. Pengumuman ini dibuat dalam Sidang Dewan Nasional KEK pada Rabu, 29 Mei 2024, di Jakarta Pusat.

KEK Pariwisata Kesehatan Internasional Batam, yang menempati area seluas 47,17 Ha, diharapkan menjadi pusat kesehatan dan pariwisata yang terintegrasi, dengan investasi yang ditargetkan sebesar Rp 6,91 triliun hingga tahun 2032. Proyek ambisius ini diperkirakan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 105.406 orang selama 80 tahun.

Purwiyanto, Wakil Kepala BP Batam, menyatakan bahwa KEK ini telah lama menjadi fokus BP Batam dan kini siap untuk mewujudkan visi besar tersebut. “Kami bertekad memenuhi target investasi tahunan yang ditetapkan oleh Kemenko Perekonomian,” ujar Purwiyanto.

BACA JUGA:   Gubernur Ansar & Menparekraf RI Terawih di Masjid Mukhtarul Arifin Tembesi

Lokasi Sekupang akan menjadi pusat kegiatan kesehatan utama, dengan rencana bisnis yang mencakup Mayapada Apollo Batam International Hospital, Nursing Academy International, dan MedTech Park. Sementara itu, Nongsa akan mengembangkan sektor pariwisata melalui Retirement Village & Clinic serta akomodasi penunjang.

Strategisnya posisi Batam, yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia, diharapkan dapat menarik wisatawan medis yang biasanya berobat ke luar negeri. Dengan proyeksi menyerap 2% dari 2 juta wisatawan medis Indonesia, KEK ini bertujuan merebut pasar regional.

Johanes Tahir, President Commissioner Mayapada Healthcare, menegaskan komitmennya untuk mengembangkan wilayah Sekupang. “Kami berkomitmen untuk menghadirkan fasilitas kesehatan bertaraf internasional yang akan menarik wisatawan,” kata Johanes.

BACA JUGA:   Awali Penggalian Pondasi Satgas TMMD Dibantu Warga

Dewan Nasional KEK akan merekomendasikan kepada Presiden untuk menetapkan KEK melalui Peraturan Pemerintah, membuka babak baru dalam sejarah ekonomi dan kesehatan Batam.

Penulis: ElinEditor: Abim