Ternyata Pengambilalihan FIR Natuna itu Ide Cen Sui Lan

Batamclick.com, Jakarta – Kesepakatan antara kedua belah pihak yaitu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong terkait perjanjian mengenai Flight Information Region (FIR) yang semula dikuasai Singapura kini sudah diambil alih oleh Indonesia.

Sehingga ruang lingkup Jakarta kini melingkupi seluruh wilayah udara di perairan sekitar Kepulauan Riau (Kepri) dan Kepulauan Natuna.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri sangat bangga dan mengapresiasi capaian Presiden Jokowi tersebut.

” Saya sangat bangga, karena dinilai sebagai kedaulautan dan marwah bangsa. Hal ini juga sudah lama dinantikan oleh bangsa Indonesia khususnya masyarakat Kepri,” ujar Cen yang merupakan wakil rakyat di tingkat pusat yang berasal dari Provinsi Kepri.

BACA JUGA:   Kepala BP Batam Hadiri Perayaan HUT Kapitan Pattimura, Muhammad Rudi : Jaga Situasi Kondusif Demi Peningkatan Iklim Investasi

Pengelolaan ruang kendali udara atau Flight Information Region (FIR) di wilayah perairan Kepulauan Riau serta Natuna, sejak 1946 pengelolaannya berada di bawah otoritas penerbangan sipil Singapura. Kini, sudah memasuki babak baru untuk integritas teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dikataakn Cen Sui Lan babwa selama ini, Ia selalu mengingatkan dan meminta kepada Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan agar FIR yang dikelola Singapura itu diambil alih oleh Indonesia. Bahkan, perjuangan Cen Sui Lan ini selalu dibahas setiap Raker dengan Menteri Perhubungan.

“Kapan Indonesia mengambil alih FIR itu,” ungkap Cen Sui Lan dalam satu kesempatan Raker, tahun 2021 lalu.

BACA JUGA:   Alhamdulillah... Batam Kembali Raih Juara Umum STQH Kepri 2023

Selain itu, Cen Sui Lan, juga mempertanyakan setiap RDP dengan Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto. Cen Sui Lan ingin mempertegas tentang FIR ini. Alhasil, pihak pemerintah dan tim lintas kementerian berhasil negoisasi.

Cen Sui Lan terus memantau perkembangan pengambil alihan FIR itu. Bahkan pertengahan Agustus 2021 lalu, pihak Kedubes Singapura di Jakarta menemui Cen Sui Lan, dan mengajak diskusi. Antara lain tentang FIR ini, dalam pertemuan tertutup dengan pihak Kedutaan Singapura di Jakarta.

“Sekarang, Pak Presiden dan Perdana Menteri Singapura sudah mengadakan pertemuan, dan menyepakati pengelolaan FIR itu diambil alih oleh Indonesia. Ini merupakan kedaulatan dan marwah bangsa. Terima kasih Pak Presiden,” tutur Cen Sui Lan, saat memberikan keterangan resmi, Jumat (28/1/2022).

BACA JUGA:   Pemkot: Pengajuan bantuan beasiswa bisa lewat aplikasi SanguPalu

Sebelumnya, Cen Sui Lan juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Perhubungan pada Rabu (26/1/2022) lalu, tentang pengalihan pengelolaan FIR dari Singapura kepada Indonesia ini.

Terima kasih kepada pemerintah, sambung Cen, akhirnya pengalihan FIR ini disudah ditandatangani oleh Presiden RI Pak Jokowi dengan Perdana Menteri Singapura. Ini membuktikan marwah kedaulatan kita, untuk ruang udara kita.

“FIR itu sudah ditunggu seluruh masyarakat Kepri dan bangsa Indonesia, termasuk saya,” tutup Cen Sui Lan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *