KPJ Johor Bongkar Rahasia Tetap Anggun dan Sehat di Usia 40-an

BATAMCLICK.COM: Usia 40 tahun merupakan usia puncak bagi manusia terutama kaum wanita. Pada usia ini kesehatan tubuh berasa di fase teratas, dan bersiap kembali menurun.

Dr Noorashikin Ma’am, Dokter Spesialis Wanita pada Rumah Sakit KPJ Johor mengatakan, memasuki usia 50 tahun, kondisi kesehatan
wanita akan perlahan menurun.

“Tiba-tiba badan terasa sakit, pegal, tanpa sebab, otot-otot ngilu, itu lah yang kerap terjadi pada wanita berusia 40-50 tahun,” ungkapnya di hadapan Wanita-wanita Marga Huang Kota Batam, Rabu (28/9/2022) malam di Hotel Planet Holiday, Batam.

Hal ini lanjut Noorashikin merupakan gejala-gejala wanita akan memasuki masa menopause atau dalam istilahnya genitourinary syndrome of menopause.

BACA JUGA:   Lagi DPRD Kepri Ingatkan Gubernur tarkait Permasalahan di Tanjungpinang dan Lingga

Nah, agar hal tersebut tak terjadi, dokter senior di KPJ Johor itu mengajak para wanita untuk hidup sehat sejak dini, paling tidak sejak menginjak usia 40 tahun.

“Makan makanan yang sehat, makanan yang berasal dari alam dengan berbagai warna, sayur-sayuran, buah-buahan,” ungkap dokter berhijab itu menjelaskan makanan yang sehat untuk dikonsumsi tubuh.

Selain itu, wanita di usia 40 tahun juga harus berolahraga. Karena menurutnya olahraga akan membuat tubuh bugar dan mengeluarkan toxin di dalam tubuh.

“Tidur harus cukup waktu dan nyenyak, agar dapat tidur nyenyak, kita kenalan berolahraga yang teratur,” sebutnya.

BACA JUGA:   Rumkitban Pati Laksanakan Screening kepada Prajurit dan PNS kodim 0718/Pati

Selanjutnya, wanita pada usia 40 tahun harus dapat mengontrol strees dan emosi.

“Jauhkan strees, bawa happy, buat hal-hal yang positif yang bikin hati jadi riang dan senang,” tambahnya.

Untuk memastikan tubuh kita sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, terlebih penyakit yang berbahaya seperti kanker dan lainnya, wanita pada usia 40 tahunan juga harus melakukan pengecekan ke dokter.

“Jangan takut ke dokter, ceritakan semua keluhan dan yang kita rasakan, jangan ada yang disembunyikan atau ditutup-tutupi, agar dokter juga bisa mendiagnosa kesehatan tubuh kita,” ungkapnya.

Kontrol rutin ke dokter menurut Noorashikin sebaik-baiknya minimal 1 kali dalam setahun.

BACA JUGA:   Rabat Beton Jalan Program TMMD 111 Terus Dikebut

“Wanita di atas usia 40 tahun itu sangat rawan dengan kanker serviks, kanker ini menyerang wanita yang mulai memasuki usia menopose, makanya rasa-rasa sendiri tubuh kita, kalau ada yang janggal, ada yang lain, cepat konsultasikan ke dokter, jangan disimpan-simpan,” tegasnya lagi.

Acara aman dari ancaman kanker serviks, Noorashikin juga menganjurkan kepada wanita berusia 40 tahunan, agar melakukan vaksin antiserviks minimal 3 kali, dengan jangka waktu vaksin setahun sekali.

Dengan melakukan hal-hal yang dianjurkan, ia yakin wanita di usia 40-an ke atas akan tetap energik, Anggun dan bugar.(bos)