Pengukuhan Ikatan Mahasiswa dan Keluarga Besar Natuna di Batam

Batamclick.com, BATAM – Pengurus Perkumpulan Keluarga Besar Natuna (PKBN) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Natuna (IPMKN) di Batam dikukuhkan, Minggu (29/5/2022). Acara yang disampenakan dengan halal bi halal warga Natuna di Batam dengan tema “Menjalin Silaturahmi Memperkuat Solidaritas dan Sinergi” tersebut digelar di hotel Baverly, Lubukbaja.

Acara dihadiri ratusan warga Natuna dan sejumlah tokoh masyarakat asal Natuna, termasuk Anggota DPRD Provinsi Kepri Dapil Natuna, Hadi Candra, Asisten 1 Bupati Natuna, H. Khaidir, mewakili Bupati Natuna, serta Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan Kota Batam Eryudhi, yang datang mewakili Wali Kota Batam. Eryudhi sendiri merupakan putra daerah asal Natuna.

Ketua PKBN Batam, Abdul Karim mengaku sangat berbagia atas terselenggaranya acara tersebut dengan baik. Pasalnya, kata Abdul Karim acara pengukuhan tersebut sekaligus temu kangen antara warga Natuna yang ada di Batam yang selama pandemi Covid-19 tidak dapat berkumpul bersama.

“Alhamdulillah Covid-19 di Batam sudah reda, sehingga kita dapat berkumpul seperti ini lagi. Suasana seperti ini tentu sudah lama kita dambakan, setidaknya acara halal bi halal usai lebaran ini,” ujar Abdul Karim.

BACA JUGA:   Steak Dengan Harga Kaki Lima Rasa Bintang 5, Hanya di WS.Id Steak

Dia pun menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras panitia yang telah dapat menyelenggarakan acara dengan sukses, termasuk juga pada warga Natuna serta tetamu undangan yang telah hadir dalam acara silaturahmi tersebut.

Usai dikukuhkan papar Abdul Karim, pengurus PKBN tentu akan langsung bekerja. Sebagai wadah silaturahmi warga Natuna yang ada di Batam, pengurus akan kembali mendata dan menghimpun warga Natuna yang ada di Batam. Hal tersebut dilakukan agar dapat diketahui jumlah warga Natuna yang ada di Batam. Dari data ungkapnya, hampir seribu orang warga Natuna yang ada di Batam.

“Dari data terakhir ada sekitar 900- an orang, termasuk adik-adik mahasiswa yang menuntut ilmu di Batam,” ungkapnya.

Sebagai wadah silaturahmi lanjutnya, PKBN memang lebih fokus pada kegiatan-kegiatan sosial, mulai dari membantu warga Natuna yang sakit atau ditimpa musibah, menjembatani warga Natuna yang berobat ke Batam dan mengakomodir putra-putri asal Natuna yang menuntut ilmu di Batam.

BACA JUGA:   BP Batam Gelar FGD Bersama Komisi VI DPR RI

“Bagi warga Natuna yang belum terdata atau belum bergabung mari sama-sama kita berkumpul di wadah ini. Jangan sampai setelah ada sesuatu, sakit atau musibah contohnya baru kita tahu yang bersangkutan warga kita. Saat ini di setiap kecamatan di Batam kita sudah ada koordinatornya, sehingga bisa dengan cepat bekerja,” ujarnya.

Sementara, Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Natuna Batam, Eko Dwi Januardo mengungkapkan saat ini ada sekitar 150 orang mahasiswa asal Natuna yang menuntut ilmu di Batam. Di antaranya tinggal di asrama mahasiswa yang di sediakan oleh Pemkab Natuna.

“Asrama ada dua, putra dan putri,” ungkap Eko, yang saat ini menuntut ilmu di Universitas Ibnu Sina Batam.

Sebagai tempat bersilaturahmi mahasiswa asal Natuna kata Eko, IPKM memiliki agenda rutin, di antaranya bidang olahraga dan keagamaan.

BACA JUGA:   HEBOH! Mayat Wanita di Kos-Kosan Seraya

“Kita punya jadwal futsal bareng, dan yasinan rutin di asrama, baik di asrama putri maupun di asrama putra,” kata Eko, yang berasal dari Pulau Tiga, Natuna.

Selain itu ungkapnya saat ini mereka juga bekerja sama dengan Pemkab Natuna dalam pengembangan produk-produk UMKM asal Natuna.

“Melalui pusat bisnis kita saat ini mencoba memasarkan produk-produk UMKM Natuna di Batam. Karena kami melihat peluang, banyak produk UMKM dari Natuna yang bisa dijual di Batam, sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian Natuna,” kata Eko.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan Kota Batam Eryudhi, mewakili Wali Kota Batam mengucapkan selamat atas dikukuhkannya pengurus PKBN dan IPMKN Batam.

Dalam sambutannya, dia memaparkan kondisi Batam terkini di bawah kepemimpinan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Dia pun mengajak warga Natuna di Batam ikut berpartisipasi dan menyukseskan pembangunan Batam saat ini.