Terus Melonjak, Kasus Covid di Anambas Tembus 180 Orang

BATAMCLICK.COM, Anambas – Kasus positif covid-19 di Anambas kian melonjak. Kini, bertambah 8 orang warga yang terkonfirmasi positif usai di-swab menggunakan RT PCR di Laboratorium RSUD Tarempa.

“Penambahan delapan warga Kabupaten Kepulauan Anambas yang terkonfirmasi Covid-19, dengan nomor kasus 173-180. Ini merupakan hasil temuan kasus baru, sebagaimana hasil pemeriksaan swab dengan metode RT PCR yang dilakukan di Laboratorium RSUD Tarempa,” kata Ketua Pelaksana Harian Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Anambas, Sahtiar, Kamis (29/4/2021).

Sahtiar mengakui, 4 pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 merupakan hasil rujukan rapidtest antigen, sementara 4 lainnya merupakan hasil tracing.

BACA JUGA:   Dampak Pandemi, Sektor Wisata Anambas Kini Mati Suri

“Empat pasien merupakan hasil rujukan, sementara yang lain merupakan hasil tracing, dua kontak erat dengan pasien 148, satu pasien kontak erat dengan pasien 169 dan satu pasien hasil tracing dari pasien 179,” ungkap Sahtiar.

Sahtiar menguraikan, Tim Satgas melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas terus melaksanakan tracing (penelusuran kasus) pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien serta tempat beraktivitas lainnya dan bila memenuhi kriteria kontak erat maka dilanjutkan dengan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan dengan metode RT PCR di RSUD Tarempa.

BACA JUGA:   Gubernur Ansar Dukung Investor Kembangkan Pariwisata Anambas

“Untuk hasil tracing akan disampaikan setelah hasil swab keluar. Kami menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19 ini. Protokol kesehatan ini harus selalu dilakukan pada saat berinteraksi dengan keluarga yang tinggal satu rumah, keluarga tidak satu rumah ataupun di tempat kerja, sehingga klaster keluarga dan klaster tempat kerja bisa kita cegah bersama-sama,” tegasnya.

Jumlah pasien covid-19 di Kabupaten Kepulauan Anambas sampai hari ini sebanyak 180 kasus dengan rincian sebagai berikutt, sembuh 109 orang, meninggal 2 orang, menjalani karantina sebanyak 69 orang.

BACA JUGA:   Cen Sui Lan Kunjungi Desa Nyamuk di Anambas, Proyek Air Bersih Usulannya Senilai Rp 25 M Rampung Dikerjakan

Sumber: BATAMTODAY