Halaqoh Kubro Teori dan Praktik Ilmu Falak, Rudi Sebut Syiar Agama Dijaga Teguhkan Batam Kota Madani

Batamclick.com – Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyambut baik kegiatan Halaqoh Kubro Teori dan Praktik Ilmu Falak di Wisma PIH Batamcenter, Rabu (28/12).

Kegiatan yang ditaja Pengurus Daerah (PD) Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Kota Batam dan Pemko Batam ini juga dihadiri Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina.

“Ilmu, khususnya ilmu agama tak akan pernah selesai untuk dipelajari. Juga tak akan pernah dikuasai satu manusia pun. Maka perlu ada pelatihan seperti ini,” papar Rudi.

Menurutnya, pelatihan sangat penting, agar keilmuan terus dapat tersebar dan dikuasai banyak orang. “Sebaiknya dikuasai banyak orang, kalau satu orang saja ilmunya bisa cepat hilang. Makanya kita hadirkan pelatihan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Rudi Ajak GP Ansor Membangun Batam-Kepri

Ia meminta agar Ilmu Falak tetap dijaga, menurutnya, pihaknya akan mensupport, dalam konteks ini lewat pendanaan. Ia juga berterimakasih kepada IPIM yang telah menggelar kegiatan ini.

“Syiar agama perlu kita jaga di kota Batam, supaya visi Madani betul-betul sempurna. Hingga umat juga bahagia,” kata dia.

Ketua IPIM Lukman Rifai mengapresiasi dukungan Wali Kota Batam yang juga Kepala BP Batam karena mendukung kegiatan ini.

Menurutnya, pakar atau ahli ilmu falak sudah langka. Karena menggabungkan syariah dan sains. Maka tidak semua ulama mumpuni di bidang sains dan matematik.

BACA JUGA:   Setahun Taman Rusa, Dua Fasilitas Baru Diresmikan

“Maka kami hari ini kita coba hidupkan kembali dengan teori dan praktik. Kita hadirkan pemateri dari Laznah Falakiyah PWNU Jatim,” sebutnya.

Ia berharap para peserta dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini. “Seperti penentuan arah kiblat, awal waktu salat hingga awal penanggalan hijriah,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara itu Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, memberikan bantuan berupa alat musik Hadroh kepada IPIM Kota Batam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *