Polsek Batu Ampar Gandeng Puskesmas Gelar Vaksinasi

Batamclick.com, Batam – Berkolaborasi dengan UPTD BLUD Puskesmas Tanjung Sengkuang, Polsek Batuampar terus gencar melaksanakan vaksinasi Covid-19 hingga 100%. Bahkan, untuk saat ini juga telah tersedia vaksin Booster ke 2 yang ditujukan untuk lanjut usia (lansia).

Kapolsek Batu Ampar, Kompol Salahuddin, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan 6 kali dalam seminggu, yakni mulai dari hari Senin hingga Sabtu.

“Untuk tempat pelaksanaannya, Senin hingga Jumat dilakukan di Mapolsek Batu Ampar. Sedangkan untuk hari Sabtu, dilakukan di Puskesmas Tanjung Sengkuang,” ujar Salahuddin, Sabtu (26/11/2022).

Dijelaskan Salahuddin, pelaksanaan vaksinasi ini kembali dilakukan setelah sebelumnya sempat terhenti karena stok kosong.

BACA JUGA:   Polsek Batu Aji Terima Penghargaan Polsek Terbaik Jajaran Polresta Barelang

“Sekarang ini kita buka kembali karena stok vaksin sudah ada,” terang Salahuddin.

Sementera Kepala UPTD BLUD Puskesmas Tanjung Sengkuang dr. Deny Zulia, saat dihubungi mengatakan, vakasinasi ini terbuka untuk umum. Bahkan, pihaknya tidak hanya melayani warga yang berada di kawasan Batuampar, melainkan juga warga di daerah lainnya.

“Kita terbuka untuk umum. Malahan sekarang juga sudah tersedia vaksin Booster ke 2, namun masih kita peruntukkan bagi lansia yang sudah berusia diatas 60 tahun,” tambah dr. Deny.

Dosis Booster ke 2 ini lanjutnya, mulai tersedia sejak November 2022, sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Kesehatan.

BACA JUGA:   Jaringan Peduli Migran kota Batam Peringati Hari Anti Kekerasan Perempuan dan Anak

“Kenapa kita utamakan untuk lansia, karena rentan dan mudah terserang virus Corona sehingga lebih dipririoritaskan. Vaksin yang tersedia saat ini adalah Pfizer. Namun harus sesuai dengan waktu yang ditentukan, yakni 6 bulan setelah Booster 1,” terang Deny.

Sejauh ini, pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar. Namun dr. Deny menyayangkan adanya warga yang terpaksa harus mengulang vaksinasi kembali karena sudah melebihi waktu yang dijadwalkan.

“Karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan tanggal kembali untuk melakukan vaksinasi,” ungkap Deny.

Jika sudah lewat dari 6 bulan dari vaksin 1 maka warga harus memulai lagi dari tahap awal.

BACA JUGA:   Kisah Senyum Wagub Marlin dan Nostalgia Lapangan Voli di Bengkongbaru

Saat ini warga yang menjalani vaksinasi rata-rata ialah mereka yang sudah lewat 6 bulan, dan harus mulai kembali vaksinasi dari awal.

Untuk diketahui jarak vaksin 1 ke 2 ada di kartu vaksin. Jarak vaksin 2 ke Booster 1 yaitu 3 bulan. Jarak vaksin Booster 1 ke 2 yaitu 6 bulan (Nakes/Lansia). Peserta vaksin datang harus dengan kondisi sehat, tidak sedang sakit/demam. Dan pastinya memenuhi persyaratan sebelum di vaksin,” tutur Deny.