Babinsa Bulaksari Dukung Penanaman Kacang Hijau Varietas Vima 5

Cilacap – Dalam upaya mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan produktivitas pertanian, Serma Sodirin anggota Koramil 09/Kawunganten, bersama dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Bantarsari dan Kelompok Tani Barokah III, melaksanakan kegiatan penanaman kacang hijau varietas Vima 5. Acara penanaman ini berlangsung di Desa Bulaksari, Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Senin (27/05/2024).

Babinsa menuturkan bahwa kacang hijau varietas Vima 5 dipilih karena memiliki keunggulan dalam hal produktivitas dan ketahanan terhadap hama serta penyakit. Varietas ini juga dikenal mampu tumbuh baik di berbagai kondisi tanah dan cuaca, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil panen para petani.

“Kerjasama ini merupakan wujud nyata sinergi antara TNI dan masyarakat dalam mendukung ketahanan pangan. Kami berharap penanaman kacang hijau varietas Vima 5 ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan menyediakan sumber pangan yang berkualitas bagi masyarakat,” ungkap Serma Sodirin.

BACA JUGA:   Linmas Bunton Mendapatkan Pelatihan Pemadaman Kebakaran

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Barokah, Sin Anifah, juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan oleh Serma Sodirin.

“Dengan adanya dukungan dari Babinsa, kami semakin termotivasi untuk mengembangkan pertanian dan juga optimis bahwa hasil panen kacang hijau kali ini akan lebih baik dan dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal,” ujarnya.

Kegiatan penanaman ini diikuti oleh seluruh anggota Kelompok Tani Barokah, yang dengan antusias bergotong royong menyiapkan lahan dan menanam bibit kacang hijau. Para petani juga mendapatkan pelatihan dan pendampingan teknis mengenai cara penanaman dan perawatan tanaman kacang hijau varietas Vima 5.

BACA JUGA:   Bahagia Pedagang Sayuran Menikmati Jalan Baru Satgas TMMD Pati

Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam mengembangkan pertanian yang berkelanjutan. Serma Sodirin dan Kelompok Tani Barokah berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam berbagai program yang mendukung kesejahteraan petani dan ketahanan pangan di masa depan.

(ss)