Ketua DPRD Batam Silaturahmi dengan Warga Sengkuang

BATAMCLICK.COM: Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto bersilaturahmi dengan warga RW 021, Seitering, Kelurahan Tanjungsengkuang, Kecamatan Batuampar, Batam, dalam rangka Safari Ramadan di Masjid Al-Azizi, Selasa (19/4/2022) malam.

Sebelum bersilaturahmi, Nuryanto atau yang lebih dikenal dengan panggilan Cak Nur itu terlebih dulu menunaikan salat Tarawih secara berjamaah di masjid tersebut.

Dalam silaturahmi yang dihadiri Ketua RW, RT, tokoh masyarakat dan jamaah masjid itu Cak Nur berjanji membantu warga semampunya sebagai Anggota DPRD Kota Batam sekaligus Ketua DPRD Kota Batam.

Seperti yang disampaikan Suprapto sebagai Ketua Masjid Al-Azizi yang menceritakan perjalanan pembangunan masjid yang saat ini dalam tahap pembangunan dan banyak membutuhkan dana.

Masjid Al-Azizi sendiri cerita Suprapto berdiri tahun 2005 dan awalnya sebagai musala. Seiring bertambahnya penduduk pada tahun 2016 beralih menjadi masjid. Karena tak dapat lagi menampung jamaah maka dilakukanlah renovasi besar-besaran. Bangunan lama dibongkar dan dilakukan pembangunan ulang. Dalam rancangan, masjid dua lantai dan saat ini belum bisa difungsikan seluruhnya.

BACA JUGA:   Sulimah, Manfaatkan Lahan Kosong Jadi Kebun Sayuran

“Tempat kita salat ini pak Ketua (Nuryanto) merupakan teras masjid. Kita masih punya utang pembangunan ratusan juta rupiah. Sehingga kami harap ada perhatian untuk pembangunan masjid,” ungkap Suprapto saat memberikan kata sambutan.

Sementara, Rusdian, Ketua RW 021, memaparkan kondisi terkini di lingkungannya. Di mana ungkapnya, RW 021 terdiri dari empat RT dan kurang lebih dihuni 1200 KK. Sementara fasilitas pendukung masih banyak yang kurang. Mulai dari kondisi jalan banyak yang rusak, serta masih buruknya sistem drainase yang kerap menimbulkan banjir di beberapa titik.

“Di sini Ketua (Nuryanto), ada dua masjid dan satu musala. Jalan masih banyak yang tanah. Dulu daerah sini masuk hutan lindung, tapi sudah dicabut. Tanah belum ada sertifikat. Jadi kami minta perhatiannya,” kata Rusdian dan mengundang Nuryanto untuk kembali datang bersilaturahmi dengan masyarakat dalam agenda rases Anggota DPRD Kota Batam.

BACA JUGA:   Libur Lebaran 1442 H Saatnya ke HARRIS Resort Barelang Ada Banyak Promo

Usai mendengarkan paparan dari Ketua Masjid dan RW tersebut, Nuryanto mengatakan akan menindaklanjutinya. Untuk pembangunan masjid ungkapnya selain mengandalkan infak dari masyarakat bisa juga melalui APBD Kota Batam.

“Untuk pembangunan masjid mari bergotong royong. Tapi di APBD kita ada hak, tergantung mau ambil atau tidak. Pengurus bisa mengajukan pada Pemko Batam. Jalurnya bisa melalui saya, kami akan mengawal proses itu,” kata Nuryanto.

Sedangkan untuk peningkatan fasilitas di RW 021, dia meminta Ketua RW dan perangkat setempat lebih berkomunikasi intens dengannya. Dia pun akan meluangkan waktu untuk bertemu dengan masyarakat dalam reses mendatang.

BACA JUGA:   Catatan Firli: Kelahiran Pancasila Sebagai Falsafah Negara, Dalam Membentuk Kepribadian Bangsa dan Rakyat Indonesia

Sehingga aspirasi warga bisa ditampung dan diteruskan pada Pemko Batam untuk ditindaklanjuti.

“Daerah ini memang harus mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah. Terutama jalan dan drainase. Karena sudah beberapa kali terjadi banjir dan dampaknya sangat dirasakan masyarakat. Ke depan harus dicarikan solusi secepatnya,” kata Nuryanto.

Sebelum pulang, Nuryanto menyampaikan ucapan kerima kasih atas undangan warga, sehingga bisa hadir dan bertatap muka langsung dengan warga setempat.

“Mudah-mudahan silaturahmi ini terus berlanjut,” ujarnya.

Hari sebelumnya Niryanto dan rombongan juga menggelar Safari Ramadhan di Masjid Bahrul Ulum, RT 01, RW 22, Bengkong Kolam
Kelurahan Sadai.

Di tempat tersebut kehadiran orang nomor satu di DPRD Batam ini disambut dengan sukacita oleh masyarakat.

Layaknya persaudaraan yang sudah terjalin lama, warga dan Caknur saling bersilaturahmi dan berbagi cerita.(adv)