MARA Batam International Exhibition 2023 Resmi Dibuka Walikota Batam

Batamclick.com, Disbudpar Batam- Pameran produk ekonomi kreatif (ekraf) dan pariwisata dari negeri jiran bertajuk MARA Batam International Exhibition 2023 (MbEX23) resmi dibuka di Mega Mall, Batam Center Jumat (27/1/2023). Acara yang merupakan kerjasama Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam bersama Majelis Amanah Rakyat (MARA) Malaysia Ini menjadi momentum mengenalkan produk negeri jiran sekaligus membuka kesempatan investasi. Disisi lain, pameran ini juga memberikan kesempatan kepada produk ekonomi kreatif (ekraf) dan pariwisata Batam untuk dikenal dan dikerjasamakan dengan produk negeri tetangga tersebut.

Pameran ini juga menandai kembali terbukanya Batam sebagai kota MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) dan kota pedagangan internasional. Mengingat, Batam juga menjadi salah satu kota destinasi wisman terkemuka di Indonesia.

Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, meresmikan MBEX 2023 ditandai dengan pemukulan kompang bersama dengan Timbalan Ketua Pengarah Keusahawanan MARA Malaysia, Hasrat Dato’ Zulfikri Bin Osman.

MBEX 2023 ini digelar MARA Malaysia dengan menngikutsertakan 50 pengusaha se Malaysia.

“Selamat datang di Batam, saya akan membuat tamu senyaman mungkin. Kalau ada masalah, silakan sampaikan ke kami untuk dicarikan solusinya,” ujar Rudi menyambut para tamunya.

BACA JUGA:   Warga Batam, Tak Lama Lagi akan Dibangun Universitas Kesehatan di Sekupang

Rudi memaparkan, Batam merupakan kota industri, perdagangan. Dan di era Rudi, sektor pariwisata mulai digarap dan Batam dibangun makin memesona.

“Batam kini menjadi salah satu penyumbang wisatawan mancanegara terbanyak di Indonesia. Kedatangan para pengusaha dari Malaysia ini menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan pariwisata Batam,” katanya.

Ia berharap, dengan event ini, hubungan erat antara Batam dan Malaysia ini makin kokoh dan ke depan dan kerja sama ekonomi maupun pariwisata terus terjalin.

“Hari ini 50 pengusaha ke Batam, mungkin ke depan 70 pengusaha Batam yang ke Malaysia,” ujarnya.

Rudi menegaskan, hubungan kedua wilayah ini sangat penting. Ia pun menekankan bahwa saat ini penangan Covid-19 di Batam tergolong sangat baik di Indonesia. Selain itu, terkait keamanan juga dipastikan oleh Rudi.

“Mari jaga kerja sama ini demi ekonomi melejit dan pariwisata bangkit,” katanya.

Sementara itu, Timbalan Ketua Pengarah Keusahawanan MARA Malaysia, Dato’ Zulfikri Bin Osman, mengapresiasi Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, yang sudah mendukung suksesnya MBEX 2023.

“Tanpa persetujuan Pak Wali, MBEX 2023 ini tak bakal sukses terlaksana,” ujarnya.

BACA JUGA:   Pemko Batam Ajak Masyarakat Dukung dan Partisipasi Kegiatan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

Ia berharap, dengan kegiatan ini, hubungan antara Malaysia dan Indonesia, khususnya Batam makin baik dan sama-sana bisa memaksimalkan potensi masing-masing wilayah.

“Kami bersyukur, ide ini disambut dengan baik. Sebelumnya kami berjumpa pak Ardiwinata, mewujudkan rangkaian perdagangan. Tidak hanya tahun ini saja, program ini bisa jadi tahunan. Tahun ini kami membawa 50 pengusaha se Malaysia,” katanya.

Untuk diketahui, MBEX 2023 ini digelar 26-29 Januari 2023. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan bahwa kegiatan pameran ini menjadi momentum untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif dan pariwisata Malaysia dan Batam.

Ia mengatakan, Kegiatan seperti ini dinamakan MICE. Batam menjadi tempat berpromosi bagi daerah di Indonesia bahkan mancanegara.

“Semoga kerja sama yang disepakati ini terus berlanjut demi produk kreatif dan pariwisata antar Batam dan Malaysia,” ucapnya.

Ardi menyampaikan tahun 2023 pariwisata sudah bangkit kembali. Ini ditandai dengan ribuan wisatawan mancanegara (wisman) yang merayakan Imlek di Kota Batam.

Ardi juga mendorong pelaku pariwisata membuat kegiatan yang menarik untuk mendatangkan wisman ke Kota Batam. Baginya, kegiatan (event) kepariwisataan cara cepat untuk mendatangkan wisman dan meningkatkan lenght of stay (lama tinggal wisatawan).

BACA JUGA:   Ardi Laksanakan Perintah Wako Rudi, lanjut Galang Dana Peduli Bencana Gempa Cianjur

“Berbagai event kedepannya akan digelar seperti Batam Wonderfood & Art Ramadhan. Kegiatan ini adalah agenda tahunan yang digelar Disbudpar,” terangnya.

Batam memiliki akses sangat baik. Wali Kota Batam yang juga menjabat Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mendedikasikan Kota Batam sebagai kota pariwisata. Itu bisa dilihat dari infrastruktur yang tengah dikembangkan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

Selain itu Kota Batam mempunyai amenitas yang lengkap, seperti hotel, restoran, pusat perbelanjaan, dan ragam destinasi wisata. Kemudian Batam mempunyai ragam atraksi baik atraksi alam, budaya, dan buatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *