Walikota Rudi Apresiasi “Wajah Baru” Layanan BPJS Ketenagakerjaan Batam

Batamclick.com – Spirit “Batam Kota Baru” yang gaungkan Wali Kota Batam Muhammad Rudi mendapatkan sambutan luas dari masyarakat dan berbagai instansi. Seperti yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batam yang meluncurkan “Wajah Baru” Ruang Layanan (House Warming) BPJS Ketenagakerjaan di Graha Nagoya Mas, Kamis (26/1/2023) pagi.

Inovasi baru BPJS ini diresmikan langsung oleh Rudi yang juga menjabat Kepala BP Batam. Sekilas, “Wajah Baru” renovasi ruang layanan tersebut mirip layanan di perbankan.

Saat peninjauan dalam ruangan, Rudi menyaksikan tata ruangan yang lebih tertata rapi dan bersih. Sementara tempat duduk di area tunggu berbentuk sofa yang lebih nyaman. Terlihat pula sofa yang lengkap dengan meja di beberapa sudut ruang tunggu.

Sedangkan meja layanan berjejer rapi. Terlihat pula layanan mesin tiket antrean dan komputer dengan jaringan internet yang dapat digunakan peserta BPJS.

Wali Kota Rudi pun sangat mengapresiasi “Wajah Baru” layanan BPJS ini. Selain sangat memudahkan dan membuat nyaman warga yang datang, juga sejalan dengan upaya menjadikan Batam Kota Baru yang Moderen.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Batam Silaturahmi dengan Warga Sengkuang

“Kita tentu sangat menginginkan seluruh layanan publik itu prima. Kalau bisa satu menit selesai kenapa harus satu jam. Namun inovasi dan perubahan ini perlu kekompakan kita semua,” ungkap Rudi saat memberikan sambutan.

Menurutnya, Pemerintah sangat mendukung setiap inovasi yang dilakukan berbagai lembaga demi kemudahan dan kenyamanan masyarakat. Terlebih saat ini sudah eranya teknologi informasi dimana pelayanan dapat dilakukan secara online sehingga lebih cepat.

“Inovasi dan perubahan harus dimulai dari kita semua. Saya harap inovasi ini jalan terus. Kritikan pasti ada, tapi ambil saja yang baik untuk menyempurnakan yang ada,” pesan Walikota Rudi.

Untuk terus mendorong Batam menjadi Kota Baru yang Moderen, Rudi juga mengajak seluruh komponen termasuk karyawan BPJS untuk bekerja lebih cepat, menambah waktu bekerja, menjaga kekompakan dan saling mengisi. Dia pun berpesan agar menjauhi sikap saling menyalahkan.

BACA JUGA:   Peringati Isra Miraj, Pemko Batam Datangkan Kiai Misbah

Kesempatan itu juga dimanfaatkan oleh Rudi untuk mengekspos pengerjaan pembangunan jalan terutama ruas dari Pelabuhan Batu Ampar menuju Bandara Hang Nadim hingga Nongsa. Ruas tersebut akan dibangun lima lajur di setiap jalur kiri dan kanan. Bahkan dari perempatan Laluan Madani ke Bandara akan menjadi tujuh lajur kiri dan tujuh lajur kanan.

Rudi juga membocorkan rencana membangun transportasi massal canggih yakni Light Rail Train (LRT). Bahkan untuk proyek ini sudah ada beberapa pihak menyatakan minatnya. Menurutnya, kurang lengkap rasanya disebut kota moderen kalau transportasi massalnya masih biasa-biasa saja.

“Untuk itulah kita rencanakan membangun LRT. Saya akan mulai duluan soal ini (LRT). Kita rencanakan di Batam Center stasiun utama. Mudah-mudahan sebelum berakhir masa jabatan saya, bisa diselesaikan satu penggal dulu yakni dari Batam Center langsung masuk ke Bandara,” papar Rudi disambut tepukan meriah.

BACA JUGA:   Kena Hujan di Natuna, Sampai Pinang Gubernur Sempat Mimpin Rapat PPKM

Kembali ke BPJS, Rudi mengajak seluruh warga Kota Batam yang jumlahnya sudah 1,2 juta lebih untuk menjadi peserta BPJS. Dia juga mengajak seluruh stake holder untuk berpacu bersama membangkitkan ekonomi masyarakat Kota Batam.

Sebelumnya Wali Kota Rudi bersama Eko Yuyulianda selaku Deputi Direktur BPJS Wilayah Sumbar-Riau dan Soni Suharsono selaku Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Batam menyerahkan penghargaan kepada Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) sebagai pusat layanan kecelakaan kerja terbaik. BPJS juga memberikan manfaat program BPJS kepada kepada lima ahli waris pekerja yang menjadi peserta BPJS. Manfaat yang diterima mencapai ratusan juta rupiah.

Sebelumnya, Eko Yuyulianda dalam sambutannya memaparkan jika renovasi ruang layanan baru BPJS tersebut untuk meningkatkan kualitas layanan. Pihaknya memang memacu setiap cabang berinovasi dalam pelayanan dengan memberikan apresiasi bagi pusat layanan terbaik.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Ombudsman Kepri Lagat Siadari dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemko Batam.