Kepala Perpusnas Kukuhkan Marlin Agustina Sebagai Bunda Literasi Kota Batam

Batamclick.com, Engku Putri– Tepat di Hari Guru Nasional, Jumat, 25 November 2022, Hj Marlin Agustina, dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kota Batam, Periode 2022-2024.

Pengukuhan ini dilakukan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando, di lantai IV, aula gedung Pemerintah Kota Batam, disaksikan Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR).

Sebagai Bunda Literasi, Marlin yang juga Wakil Gubernur Kepulauan Riau tersebut, dapat mendorong budaya baca masyarakat, khususnya generasi muda, yang menjadi tumpuan masa depan bangsa. Dengan begitu, bunda literasi mendukung generasi muda dalam menyambut masa depan yang cemerlang.

BACA JUGA:   Pemko Batam Kembali Tegur Tempat Usaha langgar Protokol Kesehatan

Literasi sendiri adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa.

Dikukuhkannya Marlin sebagai Bunda Literasi Kota Batam, memang sudah pas. Mengingat, selama ini Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam tersebut, aktif menggairahkan literasi di kalangan generasi muda.

Belum lama ini Marlin menggagas acara Literasi Digital Kota Batam, yang langsung ia sosialisasikan ke sekolah-sekolah. Bahkan hingga kepada Ketua RT/RW di Kota Batam.

BACA JUGA:   Imbas Penembakan di Cengkareng, Seluruh Personil Polda Kepri Dilarang Masuk THM

Acara bertema “Literasi Digital Bersama Masyarakat: Melek Literasi Digital, Cerdas di era Digital”, ini merupakan rangkaian dari event serupa yang dihadiri Wagub Marlin di beberapa SMA Negeri Batam, sejak akhir September 2022 lalu.

Karena programnya yang bagus, sehingga langkah Marlin ini kemudian ditiru oleh pejabat lain di Kepri.