Perkuat Pengawasan di Laut, TNI AL Tambah Kapal Perang Baru

Batamclick.com, Batam – TNI Angkatan Laut (AL) meluncurkan satu unit kapal perang jenis Patroli Cepat (PC-40 M) 935 , guna memperkuat keamanan wilayah maritim Indonesia.

Peluncuran kapal perang tersebut langsung dipimpin oleh Asisten Logistik (Aslog Kasal) Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, S.E., M.M. di galangan PT Karimun Anugrah Sejati, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (25/5/2021) pagi.

Dalam sambutannya, Puguh menuturkan
peluncuran satu unit kapal perang tersebut diperuntukkan untuk membangun kekuatan keamanan di wilayah perairan.

” Pembangunan kapal PC 40 M ini nantinya akan difungsikan sebagai kapal bantu
hydraulic oceanography diharapkan dapat menajamkan dan mendukung Pusat Hidrografy dan Oceanography Angkatan Laut (Pushidrosal) dalam memantapkan perannya sebagai lembaga geograhy dan informasi Indonesia,” jelas Puguh.

BACA JUGA:   Ombudsman Harus Bekerja Sesuai Tupoksi

Puguh juga mengatakan Pembangunan kapal PC 40 ini mempunyai makna yang sangat strategis bagi industri pertahanan nasional terbukti dari PT KAS yang mampu diandalkan dalam pengembangan teknologi industri pertahanan bagi kepentingan nasional.

” Sehingga diharapkan kemampuan tersebut dapat dijadikan bukti untuk mengurangi ketergantungan bagi negara lain terhadap pengadaan alutsita angkatan laut dimasa mendatang,” terang Puguh.

Dikatakan Puguh, pembangunan kapal ini juga merupakan manifestasi penting untuk pemenuhan kebutuhan alutsita TNI AL sesuai kebijakan TNI AL menuju kekuatan pokok minimum.

” Luasnya wiyalah perairan Indonesia membutuhkan banyak kapal PC tidak sedikit,” tutur Puguh.

BACA JUGA:   Polsek Batuampar Terima Tim Wasrik Polda Kepri, Tingkatkan Integritas dan Pelayanan Pada Masyarakat

Sementara Direktur Utama (Dirut) PT KAS, Frengky Sucipto mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh TNI Angkatan Laut dalam membuat Kapal PC 40 meter, dan kepercayaan tersebut diwujudkan dengan menghadirkan kapal PC yang tepat waktu dan tepat mutu.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, dan berupaya menghadirkannya (Kapal PC, red) yang tepat waktu dan tepat mutu,” ungkap Frengky.

Kapal patroli cepat 40 M ini, memiliki spesifikasi panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter dan bobot 220 ton. Kapal ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot dan kecepatan ekonomis 15 knot.

BACA JUGA:   Marlin Bernostalgia di SMAN 1 Karimun: Disambut Pelajar, Teman Seletting pun Datang

Turut hadir dalam Peluncuran Kapal PC 40 M jajaran petinggi TNI AL, diantaranya Wadan Pushidrosal Kadismatal, Kadislaikmatal, Kadisadal, Danlantamal IV Tanjungpinang, Danguskamla, Danlanal serta management PT KAS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *