Amat Yani Desak Dinas ESDM Provinsi Kepri Segera Aktifkan Dua Unit Mesin Listrik di Sub Rayon PLN Letung

Batamclick.com, Pasokan arus listrik dari Perusahan Listrik Negara (PLN) Sub Rayon Letung Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepri mengalami krisis sehingga terjadi pemadaman secara bergilir untuk seluruh wilayah pulau Jemaja, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Anambas, Amat Yani mendesak dua unit mesin yang terbengkalai di ruang mesin PLN Sub Rayon Letung dapat segera di fungsikan, Rabu (25/1/2023).

“Status dua unit mesin itu sudah ditetapkan menjadi aset Pemerintah Provinsi Kepri yakni Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Hal ini dinilai terabaikan oleh pihak ESDM sehingga PLN Letung tidak berani memanfaatkan mesin yang pernah dihibahkan ke pihak mereka,” ungkap Amat Yani selaku anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas Daerah Pemilihan (Dapil) 1 asal Jemaja kepada ignnews.id melalui sambungan telepon selulernya, Rabu (25/1/2023).

BACA JUGA:   Kepada Menteri, Gubernur Ansar Janji Masukkan Pengusaha UMKM ke Bubble

Kata dia, mesin tersebut layak digunakan oleh sub rayon PLN Letung dalam mengakomodir kepentingan pasokan listrik untuk masyarakat pulau Jemaja. Laporan dari pihak PLN Letung kepadanya bahwa kapasitas mesin yang saat ini digunakan tidak mampu lagi menampung beban yang terjadi dan akhirnya pihaknya melakukan pemadaman dalam melakukan perbaikan.

“Kondisi ini pelanggan yang dirugikan akibat terjadi pemadaman bergilir. Masyarakat pulau Jemaja juga telah resah dengan kondisi saat ini. Saya harapkan semua pihak harus segera tanggap atas kejadian yang dialami masyarakat,” ucapnya.

BACA JUGA:   Dit Reskrimum Polda Kepri Berhasil Amankan Tiga Orang Tersangka Tindak Pidana Perdagangan Orang

Amat Yani yang dikenal tangguh dalam perpolitikan Kabupaten Kepulauan Anambas mulai dari dua kali menjabat pimpinan DPRD dari Dapil III dan kini sudah hijrah ke Dapil 1 Siantan menjabat anggota DPRD juga mengatakan, kebutuhan akan pasokan listrik ini didominasi sejumlah pengusaha baik pengusaha UMKM dan industri rumah tangga merasa sangat dirugikan. Oleh karena itu kebijaksanaan Pemerintah Provinsi Kepri harus segera direalisasi demi Jemaja Terang.

“Selama pemadaman banyak yang berdampak terhadap perputaran ekonomi masyarakat di Jemaja seperti pabrik es tidak bisa maksimal produksi untuk kepentingan nelayan. Belum lagi di bidang dunia pendidikan bahkan kesehatan dan masih banyak yang lainnya,” jelas dia.

BACA JUGA:   Rudi Cek Pelabuhan Pancung Sekupang, Perintahkan Dishub Segera Perbaiki Fasilitas yang Rusak

Sosok Amat Yani yang digadang-gadangkan oleh masyarakat akan ikut dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2024 mendatang menegaskan, pihaknya terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan sejumlah pihak baik itu di bidang Ekonomi Sekretariat Kantor Bupati Kepulauan Anambas maupun Dinas ESDM Provinsi Kepri terkait status mesin ini dan hasilnya dua unit mesin yang ditunggu oleh masyarakat ternyata sudah menjadi ketetapan aset Pemprov Kepri.

“Kita tunggu aksi nyata dari Dinas ESDM nanti. Tentu desakan dari masyarakat terus mengalir kepadanya. Saya akan segera melakukan komunikasi secara intens lagi ke pihak tersebut,” tegasnya.