Belitung Timur Promosikan Wisata dan Produk UMKM di Batam

Batamclick.com, Disbudpar Batam- Kabupaten Belitung Timur mempromosikan wisata dan produk umkm (Usaha mikro kecil menengah) di Batam, tepatnya pada acara Indonesia Tourism & Trade Invesment Expo (ITTE)Prioritas Batam yang berlangsung di Mega Mall, Batam Center, 23-26 Februari 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Belitung Timur, Evinardi menyampaikan pada pameran ini Kabupaten Belitung Timur membawa produk kopi lilangan, madu, keripik cumi dan sukun. Selain mempromosikan produk UMKM, ia juga mempromosikan paket wisata diantaranya Desa Wisata Burong Mandi, Desa Budaya Lalang, paket makanan khas pesisir serdang, kalender kepariwisataan tahun 2023.

Ia mengaku dipilihnya Batam karena Batam pintu masuk wisman asal Singapura dan Malaysia. “Harapannya semoga ada penerbangan dari Singapura ke Belitung dan penerbangan Kuala Lumpur ke Belitung,” pintanya.

BACA JUGA:   DPRD Karimun Paripurnakan Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim Kepala Daerah Terpilih

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata membuka secara resmi kegiatan ITTIE Prioritas Batam. Dalam sambutannya, Pemerintah Kota (Pemko) Batam siap membantu pelaku pariwisata untuk mempromosikan produknya.

“Batam tempat yang tepat berpameran karena pada tahun 2019 Batam penyumbang wisatawan mancanegara (wisman) nomor dua setelah Bali, lalu Batam, baru Jakarta,” sebutnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara acara dari Furindo Artha Mas. Kegiatan ini dinamakan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (Mice). “2 juta wisman yang berkunjung salah satu tujuannya adalah MICE,” terangnya.

Ia menyampaikan, Wali Kota Batam yang juga menjabat Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mendedikasikan Batam sebagai kota pariwisata. Itu bisa dilihat dari infrastruktur yang tengah dikembangkan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan. Kota Batam mempunyai amenitas yang lengkap, seperti hotel 268 dengan 36.000 kamar, 1067 kafe dan restoran, 12 pusat perbelanjaan, dan ragam destinasi wisata. Kemudian Batam mempunyai ragam atraksi baik atraksi alam, budaya, dan buatan.

BACA JUGA:   Mr. Suzuno Akira' ketua Japan Club Ziarah ke Ratusan Malam Serdadu Jepang di Batam

“Doakan satu dua tahun punya Batam punya LRT (Lintas Rel Terpadu),” pintanya.

Selain wisata MICE, Ardi juga mengenalkan wisata yang ada di Batam, seperti wisata kuliner, olahraga, religi. “Bapak ibu sempatkan ke Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, masjidnya gede banget macam di Madina dan Masjid Tanjak ini mengangkat kearifan lokal,” ujarnya.

Direktur Utama Furindo Artha Mas, Widia Zaskia, menyampaikan pameran di Batam merupakan pameran perdana di tahun 2023. Secara bersamaan pameran juga berlangsung di Jogjakarta.

“Saya pameran di Batam setahun 6 kali, karena Kota Batam kota yang tepat melakukan promosi dan pintu masuk Asia,” katanya.

BACA JUGA:   Mal di Batam Kembali Buka hingga Pukul 20.00 WIB

Ia mengucapkan terima kasih atas kehadiran dari Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata yang selalu mendukung kegiata pameran ini. Ia menyebut, pada tahun 2022, lewat acara ini menghasilkan Memorandum of Understanding (MoU) antara Provinsi Kalimantan Timur dengan Singapura. Adapun jumlahnya 37 miliar dari buyer pisang kepok.

“Kami berharap MoU seperti itu ada lagi,” pintanya.

Salah satu wisman dari Malaysia ikut menyaksikan pembukaan ITTE Prioritas Batam. Cherry Khoo mengaku terkesan atas kegiatan yang dilaksanakan di Batam.

“Tarinya sangat bagus, gemulai,” ucapnya.

Ia mengaku di Batam sudah 3 hari 2 malam, di Batam ia liburan menikmati suasana Batam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *