Hari Santri 2023 Batam, Marlin jadi Irup, HMR Semai Semangat Perjuangan Intelektual

Batamclick.com, Engkuputri – Upacara Peringatan Hari Santri Nasional, 22 Oktober Tahun 2023, tingkat Kota Batam, digelar Minggu pagi tadi, dan dipusatkan di Dataran Engkuputri Batam, Batamkota.

Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, bertindak sebagai inspektur upacara. Tema peringatan Hari Santri kali ini adalah, “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

Menyampaikan amanat Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wagub Marlin menjelaskan bahwa di zaman yang penuh tantangan dan kompleks ini, jihad tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual yang penuh semangat.

“Santri sebagai penjaga terdepan dalam pertempuran melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan. Santri merupakan pejuang ilmu pengetahuan yang tidak kenal Lelah mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama mereka,” kata Marlin.

BACA JUGA:   Peneliti BRIN sebut swasembada kedelai butuh kebijakan ekstrem

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Batam ini melanjutkan, santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan. 

“Tentunya, kita juga harus mengingat betapa besar peran para santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini. Mereka terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk kemerdekaan Indonesia,” jelasnya.

Kemudian, Santri juga harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan. Tentunya, juga harus mengingat betapa besar peran para santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini. 

“Mereka terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. 

BACA JUGA:   Suami Grebek Istri dengan Pria Lain di Kamar Kos Batam Kota

“Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri,” ujarnya.

Pihaknya juga mengajak semua untuk selalu berdoa agar Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk, kekuatan, dan kesabaran dalam menjalani perjuangan sebagai santri yang berkomitmen pada “Jihad Santri Jayakan Negeri.”

“Semoga peringatan Hari Santri tahun ini menjadi titik awal bagi kita semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama, dan bangsa. Amin,” jelasnya.

Sementara itu, HMR menjelaskan tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”, memberi pesan agar peringatan Hari Santri tahun ini dirayakan dengan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan. 

BACA JUGA:   PKB Batam Lakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan Bacaleg DPRD

Menurut Kepala Badan Pengusahaan Batam tersebut, pihaknya turut bahagia karena agenda Hari Santri Nasional tahun ini lebih meriah karena ada tiga acara, yakni lomba olahraga, seni dan agama, serta Kemah Silaturahmi Santri (Kemistri) untuk seluruh pondok se-Kepri dengan diikuti total 2000 santri.

Yang terakhir adalah upacara Hari Santri pada hari ini yang selalu dihadiri oleh santri dan santriwati dari berbagai tempat. 

“Semoga kemeriahan peringatan Hari Santri Nasional tahun ini bisa memberi inspirasi dan semangat kepada semua santri dalam perjalanan pendidikan dan pengembangan diri,” kata HMR.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *