Ratusan Sapi Asal Lampung Tiba di Batam

Batamclick.com: Ratusan ekor sapi tiba di Pelabuhan Beton, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau, Senin (20/6). Kedatangan hewan ternak ini untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban jelang hari raya Idul Adha 1443 Hijiriah.

Ada sebanyak 320 ekor sapi yang datang dengan kapal trip pertama. Setibanya di pelabuhan hewan kurban Idul Adha ini, dilakukan pengecekan dan penyemprotan disinfektan oleh petugas karantina hewan. Ratusan hewan ini diangkut dengan kapal motor kayu KM Murni.

“Sapi yang tiba hari ini seluruhnya berasal dari Lampung Tengah. Ini kuota sapi yang kami jemput sendiri kemarin. Ini kapal trip pertama, sepanjutnya akan datang kapal lainnya,” kata Ketua Asosiasi Peternak dan Penjual Hewan Ternak Batam, Musofa di lokasi.

BACA JUGA:   Sekda Tegaskan Warga Kepri Harus Terus Terapkan Prokes

Untuk kebutuhan hewan kurban di Batam, pihaknya menyiapkan total 3.000 ekor sapi dan 14.500 ekor kambing. Namun, untuk pengiriman kedua hewan ternak tersebut dilakukan di dua pelabuhan berbeda. Dengan menggunakan sistem yang sama, port to port. Sehingga tidak memungkinkan pengiriman akan singgah ke tempat lain.

“Bersandarnya terpisah, kapal pembawa hewan sapi tersebut bersandar langsung di pelabuhan Sekupang, sementara hewan kambing ke pelabuhan Telaga Punggur, ini harus terpisah,” jelas mantan anggota DPRD Batam itu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam Mardanis menuturkan, pihaknya melakukan pemantauan hewan kurban yang datang ke Batam. Kedatangan ratusan sapi ini untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban di Batam. Hewan ternak itu, akan dibawa langsung ketempat karantina di Dangas, Sekupang selama dua atau tiga hari.

BACA JUGA:   Disaksikan Sekjen, Gerindra Kepri Gelar Vaksin Massal

“Kami melakukan pengawasan di sini. Semua sapi berasal dari Lampung Tengah. Siap ini sapi akan dilakukan karantina hewan selama dua atau tiga hari di Dangas, Sekupang sesuai prosedur,” ucap Mardanis. (bos anto)