Satgas Penanganan Covid-19 Buka 3 Posko Vaksinasi Lansia di Tanjungpinang

BATAMCLICK.COM, Tanjungpinang – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri bersama Pemerintah Kota Tanjungpinang membuka tiga lokasi vaksinasi bagi Lansia di Tanjungpinang.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana mengatakan layanan tersebut dimulai Senin (19/4/2021).

“Ada tiga lokasi yang sudah kita tetapkan untuk program vaksinasi terhadap Lansia. Karena memang Lansia termasuk orang yang rentan terpapar Covid-19,” ujar Tjetjep Yudiana, seperti dikutip laman Diskominfo Kepri.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Provinsi kepri dan Tanjungpinang membentuk pusat vaksinasi Lansia. Disebutkannya, untuk kegiatan Pemprov Kepri dipusatkan di area Asrama Haji, Jalan Pemuda.

BACA JUGA:   Danlantamal IV Lepas 70 Orang Caba Dan Cata PK TNI AL Gelombang I TA. 2021

Sementara Kota Tanjungpinang di dua tempat. Pertama adalah Gedung Perpustakaan, dan yang kedua di Pasar Bintan Centre.

“Apabila ada di rumahnya orang tua 60 tahun ke atas, tolong dibawa ke pusat vaksinasi tersebut. Sehingga kita bisa terus menggesa progres vaksinasi terhadap Lansia,” jelas Tjetjep.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri tersebut juga mengharapkan, Pemerintah Kota dan kabupaten lainnya juga membentuk atau melakukan kebijakan yang sama. Selain itu, dia juga meminta Puskesmas turut melakukan pendataan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang masuk dalam ketegori Lansia.

BACA JUGA:   Danlantamal IV Hadiri Rakor Bersama Kemenkomarvest RI

“Saat ini memang, Kepri di atas rata-rata nasional capaian vaksinasinya. Karena stok vaksin masih tersedia, tentu lebih baik kita gesa. Sehingga masyarakat mendapatkan manfaatnya,” jelasnya lagi.

Dipaparkannya, apabila stok masih banyak tersedia, Pemerintah Pusat akan mengalihkan ke daerah lain. Atas dasar itulah dibentuk Pusat Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia.

Adapun vaksin yang akan diberikan prioritas bagi Lansia adalah Sinovac. Ia berharap masyarakat yang memiliki keluarga Lansia dapat mendukung upaya yang dilakukan oleh pemerintah.

“Poskonyanya sudah dibuka sampai tercapai target vaksinasi bagi Lansia. Bagi daerah yang belum, kita harapkan segera membuka pusat vaksinasi bagi Lansia,” tutup Tjetjep Yudiana.

BACA JUGA:   Jelang Pembangunan ZI, Lantamal IV Gelar Bimtek Yanlik Dan Manajemen Risiko

Sumber: BATAMTODAY