Kadis DLH Batam Berikan Sosialisasi Adiwiyata di SMPN 12 Batam Kota

Batamclick.com, Batam – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam Dr.Herman Rozie S.S.T.P.,Msi , pada senin pagi (20/02/2023) menjadi pembina upacara sekaligus mensosialisasi kan program dari Kementrian Lingkungan Hidup yaitu Adiwiyata, di SMPN 12 Legenda Malaka Kelurahan Baloi Permai, Kecamatan Batam Kota.

Program adiwyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran anggota sekolah, dalam upaya pelestarian lingkungan, terutama di lingkungan sekolah dan tempat tinggal.

Dalam paparan nya Herman Rozie menerangkan juga dihadapan siswa – siswi SMPN 12 Batam Kota tentang penilaian Adiwyta tersebut,

“Penghargaan Adiwiyata merupakan penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggungjawab terhadap lingkungan, seperti kesadaran anak didik kepads diri sendiri, lingkungan sekitar tempat tinggal dan yang utama kepada lingkungan sekolah,” ujar Herman Rozie dalam amanat nya.

BACA JUGA:   Kepengurusan IPSI Kepri Dikukuhkan, Ini Target Mereka

“Ada empat penilaian untuk Adiwiyata, Kebijakan berwawasan lingkungan, Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, Dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan,

“Dan juga misal nya dilihat dari ada tidaknya sarana fisik pendukung, seperti tempat sampah yang terpilah, dan kantin sehat, ruangan kelas yang bersih juga kesadaran anak didik dalam kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ungkap Herman.

“Selanjutnya Kadis DLH juga mengimbau kepada para pelajar agar selalu menerap kan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS), Juga menerapkan Bank Sampah Sekolah mulai sejak dini, Dikarna kan gerakan sadar untuk memilah sampah di lingkungan sekolah banyak mamfaat nya sampah yang di pilah nanti bisa di jual ke DLH Kota Batam dan nanti akan di jemput oleh layanan jemput sampah, “imbuh Herman.

BACA JUGA:   Wagub Marlin: Isi Pembangunan, Jadilah Ibu Tangguh dan Cerdas di Segala Situasi
Kadis DLH Kota Batam Dr.Herman Rozie S.S.T.P.,Msi saat mensosialisasi kan Adiwyta di SMPN 12 Batam Kota

Kepala Sekolah SMPN 12 Batam Kota Dra.Nurmi saat di mintai keterangan oleh awak media, sangat berharap dukungan dari DLH kota batam dalam program – program lingkungan hidup,

“Selama ini anak didik kita sudah kita tanam kan sejak dini tentang kebersihan lingkungan sekolah, Setiap Jum’at kita ada program Dubel Berkesan (SMPN 12 Bersih – Bersih Kelas dan Taman) saat goro juga kita lakukan, ” ujar Herman.

“Kepsek SMPN 12 juga menceritakan setelah pandemi Covid 19 kemarin kita ada Program 1000 tanam tanaman hias singga lingkungan SMPN 12 benar – benar asri indah dan nyamanm,” terang Herman.

BACA JUGA:   Kuasa Hukum PT AGU Prihatin, Aksi Premenisme di Tembesi tak Terjamah Polisi

“Nurmi juga berterima kasih kepada DLH Kota Batam, Karna dalam waktu dekat program Bank Sampah Sekolah nya akan berjalan bersama DLH , sehingga anak didik nya bisa merasakan mamfaat dari Bank Sampah tersebut karna hasil penjulan sampah yang sudah di pilah bisa di tabung ke Osis sekolah, tutup Herman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *