Panglima TNI Buka Asean Solidarity Exercise in Natuna di Batam

Batamclick.com, Batam – Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono membuka secara langsung Kegiatan Asean Solidarity Exercise In Natuna (ASEX) 01- Natuna bertempat di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam, Selasa (19/09/2023).

Dalam smabutannya, Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono mengatakan bahwa ASEX 01-Natuna tahun 2023 merupakan latihan kombinasi negara-negara Asean yang teridiri dari 11 Negara. Kegiatan ini akan berlangsung selama 7 hari, mulai dari tanggal 19 hingga 25 September 2023.

Latihan ini melibatkan elemen militer dan sipil dari negara-negara Asean dan kegiatan ini pertama kali diadakan dengan TNI sebagai koordinator.

BACA JUGA:   Ibu yang Dilaporkan Anak ke Polisi: Saya Ketakutan, Saya Mengandung Dia 9 Bulan Tak Pernah Minta Balasan

Lanjut Yudo, kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Indonesia dengan negara-negara ASEAN.

” Latihan militer ini bukan untuk unjuk kekuatan karena akan menitikberatkan pada latihan non tempur,” ujar Yudo usai upacara pembukaan Latgab ASEX-01N d peabuhan Batu Ampar.

“ASEX-01N dititikberatkan pada latihan non tempur, seperti operasi patroli gabungan maritim, evakuasi medis, misi pencarian dan penyelamatan (SAR) dan operasi kemanusiaan dan pemberian bantuan dalam bencana,” sambung Yudo.

Dijelaskan Yudo, adapun negara-negara ASEAN yang mengikuti dalam kegiatan ini adalah, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Phillipina, Kamboja, Laos, Myanmar, Timor Leste dan Indonesia.

BACA JUGA:   Anggota Satgas TNI Pastikan Kesiapan Kusen Yang Akan Dipasang Pada RTLH

Dalam latihan ini terdapat 5 kapal yang dioprasikan menuju Natuna, antara lain, Kapal Diraja Brunei Dani Ehsan 07, Kapal Diraja Malaysia Terengganu 174, Republik of Singapore Ship Vigour 92, KRI dr. Radjiman Widya Diningrar, KRI Jhon Lee 358.

“Kegiatan seperti ini setiap tahunnya nanti akan kita agendakan dan akan dijadikan menjadi lebih baik. Nantinya kegiatan di Natuna adalah latihan-latihan laut, bakti sosial dan bakti kesehatan,” tutur Yudo.

Setelah melakukan pengarahan, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan seluruh personel dan kesiapan setiap kapal yang akan diberangkatkan.

BACA JUGA:   Menegangkan, Video Aksi 2 Mobil Kejar-kejaran & Senggolan di Tol Buah Batu