Babinsa 01/Cilacap Bantu Petani Atasi Krisis Air di Kelurahan Sidanegara

Cilacap – Dalam upaya mengatasi kesulitan air yang dihadapi para petani di Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Serka Catur bersama 8 Babinsa 01/Cilacap turun tangan langsung membantu mengairi sawah. Bantuan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kesejahteraan petani dan untuk memastikan kelangsungan produksi pertanian di Kabupaten Cilacap, Jumat (17/05/2024).

Danramil 01/Cilacap Kapten Cpm Agus Santoso menyampaikan bahwa tindakan ini adalah bagian dari upaya TNI AD untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

“Kami memahami betapa pentingnya air bagi para petani. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk membantu agar sawah-sawah mereka tetap dapat ditanami dan hasil panen tidak terganggu,” ujarnya.

BACA JUGA:   Logistik Penyemangat Anggota Satgas TTMD dan Warga Terus Mengalir Dilokasi Pengecoran Jalan

Dalam kesempatan yang sama Serka Catur, menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan penggunaan peralatan pompa air untuk mengalirkan air dari sumber terdekat ke area persawahan yang mengalami kekeringan.

“Kami bekerja sama dengan para petani dan masyarakat setempat untuk memastikan distribusi air berjalan lancar. Harapannya, dengan adanya bantuan ini, para petani dapat terus bercocok tanam tanpa kendala berarti,” ujar Babinsa.

Sementara itu Sri Waluyo salah satu PPL Cilacap Tengah mengapresiasi langkah cepat yang diambil oleh Babinsa 01/Cilacap. “Kami sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa dalam mengatasi masalah ini. Para petani merasa diperhatikan dan dibantu dalam kondisi yang sulit,” tuturnya.

BACA JUGA:   Dengan Sinergitas TNI Dan Polri Pembangunan Jalan Penghubung Antar Desa Akan Lebih Cepat Terwujud

Salah satu petani, Rohmad, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas bantuan yang diberikan. “Air sangat penting bagi tanaman padi kami. Dengan bantuan ini, kami bisa terus menanam dan berharap hasil panen bisa optimal,” ungkapnya.

Upaya ini diharapkan dapat menjadi solusi jangka pendek yang efektif sekaligus mendorong pemerintah daerah dan instansi terkait untuk mencari solusi jangka panjang guna mengatasi masalah air di wilayah pertanian.

(ss)