Polsek Teluk Bintan Ditunjuk sebagai Polsek Harkamtibmas

BATAMCLICK.COM, Bintan – Kepolisian Sektor (Polsek) Teluk Bintan ditunjuk sebagai Polsek Harkamtibmas. Dengan penunjukan ini, Polsek Teluk Bintan hanya untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, dan tidak lagi melakukan penyidikan.

Kebijakan itu sebagai tindak lanjut dari Keputusan Kepala Kepolisian Republik Indonesia nomor: Kep/613/III/2021 tanggal 23 Maret 202, tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya Untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan).

Polsek Teluk Bintan ditunjuk sebagai Polsek Harkamtibmas dan tidak melakukan Penyidikan, dengan kriteria sesuai lampiran Keputusan Kapolri, di antaranya LP di bawah 10 per tahun, jarak tempuh ke Polres 15 menit R2/R4 dan tidak berbeda pulau dengan Polres induk.

BACA JUGA:   Bupati Bintan Imbau Nelayan Waspadai Cuaca Ekstrem Saat Melaut

Demikian disampaikan Kabagstrajemen Rorena Polda Kepri AKBP Pauzan, dalam rangka kegiatan asistensi dan supervisi implementasi direktif Kapolri tentang Polsek Harkamtibmas di Mapolsek Teluk Bintan, Jumat (16/4/2021).

Bahwa kegiatan asistensi dan supervisi implementasi direktif Kapolri, tentang Polsek Harkamtibmas di Mapolsek Teluk Bintan merupakan tindak lanjut dari surat Keputusan Kapolri, tentang penunjukan Kepolisian Sektor (Polsek) Teluk Bintan, hanya untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada daerah tertentu atau tidak melakukan penyidikan.

“Polsek Harkamtibmas merupakan Program unggulan Kapolri dimana Polsek Harakamtibmas berperan lebih mendekati diri kepada masyarakat dimana penegakan hukum tidak terjadi dan lebih kepada pengelolaan preemtif,” terangnya.

BACA JUGA:   Kapolres Bintan Tinjau Vaksinasi Ibu Hamil dan Anak Usia 12-17 Tahun di Gunung Kijang

Polsek Harkamtibmas bukan berarti tidak menerima Laporan dari masyarakat, tetapi tetap menerima laporan dengan ketentuan yang berlaku dimana Polsek sebagai Harkamtibmas.

Polsek Harkamtibmas berkiprah sebagai peningkatan kegiatan pembinaan kepada masyarakat dengan mengedepankan kepada unit Binmas/Bhabinkamtibmas, Samapta dan Intelkam.

Dengan kegiatan asistensi dan supervisi diharapkan kepada Kapolsek untuk mapping dan Menginventarisir, yakni pemenuhan DSP (Jumlah Personil), pemenuhan sarana prasarana dan anggaran/Operasional.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan adalah Karorena Polda Kepri Kombes Pol Heri Sumarji, Kabagstrajemen Rorena AKBP Pauzan, Ps.Panit 1 Unit 1 Subdit 3 Ditreskrimum Iptu Robinsar Tampubolon, Kapolsek Teluk Bintan Iptu Rugianto bersama para Kanit, Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Teluk Bintan.

BACA JUGA:   Gubernur Ansar Sambut Wisman Perdana  di Bintan Dengan Skema Travel Bubble

Sumber: BATAMTODAY