Pesta Siaga Menumbuhkan Disiplin, Jati Diri dan Kekompakan Siswa

Cilacap – Serda Isnedi Babinsa Karangsembung Koramil 05/Nusawungu bersama Bhabinkamtibmas Aiptu Parijan Polsek Nusawungu memantau dan dampingi pelaksanaan Pesta Siaga Tahun 2024 Kwartir Ranting Nusawungu yang bertempat di lingkungan SD Negeri 2 Karangsembung Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Sabtu (17/02/2024).

Dalam pesta siaga Kwaran 110109 Nusawungu ini dilombakan berbagai kegiatan kepramukaan yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan rasa disiplin, jati diri yang tangguh dan mandiri serta kekompakan siswa.

Menurut ketua Kwaran 110109 Kecamatan Nusawungu Diman Sodik, Spd., mengatakan bahwa pesta siaga ini juga dimaksudkan untuk memotivasi semangat siswa dan sebagai persiapan untuk pesta siaga tingkat Kabupaten.

BACA JUGA:   Solikin Bangga Dengan Jalan Baru Yang Dibangun TNI Satgas TMMD

“Pertemuan untuk golongan pramuka siaga yang diselenggarakan dalam bentuk permainan bersama untuk membentuk karakter maupun ketrampilan siswa siswi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Serda Isnedi menjelaskan bahwa kegiatan ini dipergunakan sebagai sarana mengasah kemampuan, keterampilan dan kerjasama dalam kepramukaan.

“Dalam kegiatan pesta siaga diadakan sejumlah perlombaan yang terpenting bukanlah menang atau kalah melainkan mendapat pengalaman,” tegas Babinsa.

Kegiatan pesta siaga dapat mengajak anak-anak untuk bergembira, bermain dan unjuk keterampilan yang mengandung pendidikan dalam rangka pembentukan karakter. Kegiatan ini diikuti oleh 60 Barung putra dan 60 Barung Putri dari SD/MI Se Kecamatan Nusawungu.

BACA JUGA:   Serda Mursid Bantu Warga Bersihkan Kebun

(R05/pen)