Danramil 14/Cimanggu Hadiri Pembentukan Lembaga Adat Desa Panimbang

Cilacap – Danramil 14/ Cimanggu Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Wahyulianto, menghadiri musyawarah pembentukan Lembaga Adat yang bertempat di Pendopo Balai Desa Panimbang, Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Rabu (15/11/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Camat Cimanggu yang diwakili oleh Maryanto, Danramil 14/Cimanggu Kapten Inf Wahyulianto, Kapolsek Cimanggu AKP Anwar, SH., Pegiat Budaya Nusantara Imam Hamidi Antasalam, Ketua Lembaga Adat Desa Hanum dan Pelestarian Budaya Dayeuhluhur Ceceng Rusmana, Kades Panimbang Jatmiko, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan segenap tamu undangan.

Kegiatan ini dapat memperkokoh jati diri individu dan masyarakat, dalam mendukung kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dalam mengembangkan Budaya Nasional, untuk mencapai peningkatan kualitas ketahanan Nasional dan keutuhan NKRI.

BACA JUGA:   Akibat Angin Kencang, Pohon Jati Tumbang dan Menimpa Rumah Dinas Pensiunan TNI AD

Dalam sambutannya, Camat Cimanggu yang diwakili oleh Maryanto mengatakan bahwa kedepannya lembaga adat ini harus membuat program – program dan memberikan masukan dalam membantu masyarakat.

“Agar generasi muda kita mengerti, mencintai dan merasa memiliki budaya dan adat istiadat sendiri,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Danramil 14/Cimanggu Kapten Inf Wahyulianto menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk pelestarian dan pengembangan adat istiadat nilai sosial budaya di masyarakat.

“Pentingnya keberadaan lembaga adat ini bisa menjadi penggerak untuk melestarikan adat istiadat walau di tengah perkembangan zaman,” tuturnya.

BACA JUGA:   Anggota Satgas TMMD Reguler 111 Masih Kebut Pengecatan Atap Genteng Masjid "Baitul Muttaqin"

“Kami berharap, dengan terbentuknya lembaga adat ini bisa menjadi wadah bagi generasi muda sebagai penerus, untuk melestarikan budaya dan adat istiadat yang turun temurun dari nenek moyang kita, sehingga tidak tergerus oleh perkembangan zaman dan teknologi yang dapat menghilangkan jati diri kita sebagai Bangsa,” pungkas Danramil.

(R14)