Kodim Ciamis Gelar Penutupan Program BSMSS Tahun 2024

Kota Banjar – Kodim 0613/Ciamis Gelar acara Penutupan Program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) tahun 2024, bertempat di Halaman Kantor Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Rabu (15/5/2024).

Kegiatan Penutupan BSMSS tersebut dihadiri oleh, Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Afiid Cahyono,S.Sos,S.H,M.Han., Kepala Dinsos PMD Kota Banjar Wawan Gunawan, SP.,M.Si.,  Kadishub Kota Banjar Asep Sutarno, S.H.,M.Si., Sekdispol PP Kota Banjar Vera Mada Pratama,Ketua Baznas Kota Banjar Drs. H. Abdul Kohar, M.Pd.I.,  Forkopimcam Kecamatan Pataruman, perwakilan para Danramil Jajaran Kodim 0613/Ciamis, Kepala Desa Binangun, serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Desa Binangun.

Dalam sambutannya, Kadis DPMD Wawan Gunawan, menyampaikan terimakasih kepada Jajaran TNI yang telah melaksanakan kegiatan BSMSS tahun 2024 di Desa Binangun.

BACA JUGA:   Anggota Satgas Manfaatkan Waktu Malam Untuk Bersilaturahmi

Menurutnya, peran TNI sangatlah besar dalam pembangunan di Kota Banjar.“Kegiatan BSMSS bukti nyata wujud kepedulian TNI dan pemerintah daerah dalam mensejahterakan masyarakat desa,” kata wawan .

Wawan menjelaskan, Program BSMSS merupakan salah satu metode untuk mengoptimalisasi  untuk menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat untuk membangun wilayahnya. Sehingga mampu mendorong gerak maju akselerasi pembangunan di desa.

“Kegiatan ini sebagai salah satu pengentasan kemiskinan. Serta memelihara ikatan batin kemanunggalan antara TNI dan Rakyat yang nantinya terciptanya kesatuan dan persatuan yang kokoh dan Kota Banjar  bisa sejahtera,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, kemiskinan tidak bisa diatasi oleh program semata. Bahkan, dibutuhkan program yang lebih terpadu agar berkesinambungan serta bisa terarah dan mengena pada sasaran.Selain itu, kata Wawan, adanya program ini merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jabar. Bahkan, Pemkot Banjar dan jajaran TNI agar bersama-sama memberikan pelayanan masyarakat.

BACA JUGA:   Hilangkan Image Sangar, TNI Ajak Anak-anak Bermain Bola

“Program BSMSS ini meliputi Sasaran fisik dan non fisik yang berupa  Pengaspalan jalan sepanjang 305 meter, sosialisasi ke masyarakat, mulai dari sosialisasi wawasan kebangsaan, bahaya DBD, Narkoba dan perundungan serta pornografi” katanya.

Sementara itu, Letkol Inf Afiid Cahyono,S.Sos,S.H,M.Han., mengatakan, kegiatan BSMSS dilakukan selama 14 hari di Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Menurutnya, tujuan BSMSS pada dasarnya memberikan motivasi kepada masyarakat yang ada di pedesaan.

“Karena dengan kegiatan ini diharapkan menimbulkan stimulan kesadaran masyarakat agar mampu memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki masyarakat dan lingkungan,” katanya.

Dandim menjelaskan, BSMSS ini adalah Bhakti TNI yang bekerja sama dengan pemerintah daerah didukung partisipatif masyarakat untuk membantu untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pembangunan.

BACA JUGA:   Perbaiki Tiang Bendera, Perangkat Desa Pesanggrahan Meninggal Tersengat Aliran Listrik 

“Ini merupakan kontribusi semua unsur dalam gotong royong sebagai cerminan terciptanya kemanunggalan, rasa saling memiliki dan kebersamaan antara Kodim 0613/Ciamis, unsur pemerintah daerah dan warga di desa Binangun  Kecamatan Pataruman, ” ujarnya.

“Saya yakin dan percaya harapan kemandirian akan bisa diraih seluruh masyarakat desa. Karena potensi sudah dimiliki dan diwujudkan pada kegiatan Bhakti manunggal ini,” tambahnya.

Ia mengajak kepada masyarakat Desa Binangun untuk bisa menjaga apa yang sudah diberikan selama ini.“Sarana yang sudah terbangun supaya  tetap dijaga dengan baik dan dimanfaatkan semaksimal mungkin  demi kepentingan masyarakat,” harap Dandim.

(Pendim)