Balap Sepeda Tour de Batam Daya Tarik Baru Pariwisata Batam, Partisipan Lebih dari 38 Negara

Batamclick.com, Batam – Kali ini Meta Sport menggelar Tour de Batam setelah sukses event Tour de Bintan, event yang bertaraf internasional. Tour de Batam diadakan di Kawasan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau mulai dari tanggal 22-24 September 2023.

Sport tourism ini digadangkan menjadi daya tarik baru kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman). Selain menjadi daya tarik kunjungan wisman, event pertama kali di Batam ini merupakan kualifikasi untuk kejuaraan dunia UCI Gran Fondo World Series.

“Pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut. Ia optimistis kejuaraan ini bisa menjadi andalan baru Kota Batam”, ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, saat gelar press conference, bertempat di Nongsa Point Marina (NPM) Resort, Senin (14/08/2023).

Ia mengatakan, event pertama kali di Batam ini diharapkan menjadi event tahunan. Pihaknya mengapresiasi penyelenggara dan semua pihak pendukung Tour de Batam.

BACA JUGA:   Kelincahan Marlin Teruji di Pulau Terong

“Kami dari Pemerintah Kota (Pemko) Batan, mengapresiasi Meta Sport dan Nongsa sensation yang terus menggeliatkan event pariwisata di Batam,” ungkap Ardi.

Ia mengatakan, momen ini menjadi kebangkitan sektor pariwisata Batam usai menghadapi Covid-19. Dengan adanya Tour de Batam ini akan menambah jumlah atraksi di Kota Batam yang kini menjadi 219 event.

“Dengan banyaknya event, tentu akan berdampak pada perkembangan ekonomi masyarakat dan pendapatan daerah. Penghasilan daerah hampir 24 persen dari sektor pariwisata,” Ungkap Ardi.

Ia pun mengungkapkan bahwa, dalam mendukung event seperti Tour de Batam, Pemko Batam di bawah pimpinan Wali Kota Muhammad Rudi, sudah menyiapkan infrastruktur jalan yang sudah luas.

“Kami juga berharap ada UMKM yang dilibatkan. Kami yakin Tour de Batam bisa menjadi event kebanggaan Batam,” ujar Ardi.

BACA JUGA:   Konten Kreator Tagih Utang ke Keluarga Atta Halilintar

Sementara itu, Direktur Resort Group, Gerald Andrew Hendrick juga mengapresiasi Meta Sport kembali menggelar sport tourism di Batam. Event ini juga akan mendatangkan wisman dan akan berdampak pada ekonomi Batam.

“Peserta akan membawa tim, keluarga pendukung. Ini meningkatkan kunjungan wisman ke Batam,” terang Gerald.

Sedangkan, Chief Executive Officer (CEO) Meta Sport selaku penyelenggara Tour de Batam, Natalie Marquet mengatakan, Tour de Batam menjadi tantangan dan pengalaman baru bagi pesepeda yang berasal dari 38 negara.

“Kami menargetkan 1.000 peserta, dan hingga hari ini (Senin) sudah 650 peserta yang mendaftar. Pesepeda akan senang karena akan menjajal rute lebih segar dan pengalaman baru di Batam,” imbuh Natalie.

Natalie juga mengungkapkan, event ini akan memberi dampak kunjungan wisman hingga ekonomi. Dimana, event ini diperkirakan akan memberi dampak perputaran ekonomi hingga USD 1,2 juta.

BACA JUGA:   Kebutuhan Air Sangat Vital Untuk Pengecoran Jalan

“Terima kasih atas dukungan dari pemerintah,” ujar Natalie.

Adapun kategori Tour de Batam yakni Individual Time Trial dengan jarak 15 kilometer, Gran Fondo Century dengan jarak 104 kilometer, dan Gran Fondo Discovery jarak 52 kilometer. Ketiga kategori ini berlangsung di Palm Spring Beach, Nongsa.

Kemudian, kategori Gran Fondo Classic dengan jarak 149 kilometer untuk laki-laki dan 129 kilometer untuk perempuan dan kategori Gran Fondo Century jarak 82 kilometer. Kedua kategori ini perlombaannya dimulai dari Palm Spring Beach, Nongsa dan berakhir di Jembatan Barelang.

“Ajang ini sebagai kualifikasi untuk kejuaraan dunia UCI Gran Fondo World Series yang berlangsung di Denmark,” tutur Natalie.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *