Marlin Kuatkan Peran Perempuan: Jadikan PKK Garda Terdepan Kesiapsiagaan Bencana

Batamclick.com, Bengkong – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Batam, diharap menjadi garda terdepan dalam kesiapsiagaan bencana. Tak hanya itu, juga diminta mengedukasi masyarakat terkait penanganan bencana, sehingga nantinya tidak panik dan siap dalam segala hal.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, yang juga Ketua TP-PKK Kota Batam, saat membuka Pelatihan Keluarga Tanggap Bencana Alam, di Hotel Golden View, Bengkong, Batam, Kamis (13/7/2023) pagi.

Pelatihan yang diikuti ibu-ibu ini, dihadiri langsung Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batam, Azman. “Semoga dengan pelatihan ini, ibu-ibu bisa meningkatkan kapasitas dan pemahamannya terhadap kedaruratan bencana di wilayah masing-masing,” kata Marlin, 

BACA JUGA:    Baznas Kota Batam Gelontorkan Bantuan, Cawe-cawe Atasi Tengkes & Miskin Ekstrem

Marlin tentu sangat pendukung pelatihan seperti ini. Apalagi pelatihan tanggap bencana alam ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Keluarga Indonesia Tanggap Bencana, dalam upaya mewujudkan ketangguhan negara menghadapi bencana, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang risiko bencana.

Karena itu, Ketua PIKORI BP Batam ini berpesan betul kepada narasumber untuk memberikan edukasi dan pemahaman tentang tanggap bencana ini. Sehingga kapasitas ibu-ibu dan keluarga di Batam ke depannya semakin baik dalam tanggap darurat terhadap bencana.

Marlin pun bercerita tentang peristiwa di Pulau Kasu di Kota Batam. Tentang gerak cepat berbagai pihak membantu kepada dan berbagai hal lainnya. 

BACA JUGA:   Kades Tamansari Rajin Cek Lokasi TMMD Reguler ke 111

“Teruslah berbuat baik. Dari hal kecil yang kita lakukan, kadang memberi dampak besar,” kata Marlin.

Menurut Marlin, pelatihan kepada ibu-ibu ini samgat tepat. Karena mereka pun bisa ikut menyosialisasikan bagaimana tanggap darurat terhadap bencana alam. Paling tidak kepada anak-anak di lingkungan keluarga, kemudian kepada tetangga.

“Kita harus bersama-sama mendorong masyarakat untuk meningkatkan kemampuan sama melakukan pencegahan dan mitigasi, paling tidak di rumah tangga,” kata Marlin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *