KPU Karimun Gelar Evaluasi Pilkada Serentak 2020 Bersama Stakeholder

BATAMCLICK.COM, Karimun – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menggelar rapat evaluasi pelaksanaan Pilkada serentak 2020 Kabupaten Karimun bersama stakeholder se-Kabupaten Karimun di Hotel Aston Karimun, Senin (12/4/2021).

Rapat evaluasi diikuti oleh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Karimun yang telah purna tugas, Sekretariat KPU Kabupaten Karimun dan dihadiri Bawaslu Karimun, Asisten Bidang Tata Pemerintahan, perwakilan FKPD Kabupaten Karimun, akademisi dan sejumlah perwakilan instansi vertikal.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, rapat ini merupakan evaluasi akhir dari tahapan akhir pelaksanaan Pilkada serentak 2020, ditandai dengan keluarnya keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang sudah final.

Ia menjelaskan, pelaksanaan Pilkada serentak 2020 tercatat dalam sejarah karena dilaksanakan di saat kondisi Pandemi Covid-19

BACA JUGA:   Bupati Karimun Gelar Rakor Sikapi Tingginya Angka Kematian dan banyaknya Masyarakat yang Isoman

Lanjut Eko Purwandoko, banyak orang menyangka pelaksanaan Pilkada serentak yang dilaksanakan di tengah pandemi covid-19 ini akan negatif hasilnya. Tapi kenyataannya tidak, sebaliknya jumlah partisipasi pemilih meningkat.

Sementara itu, Asisten Bidang Tata Pemerintahan Bupati Karimun, Muhammad Tang mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada KPU Kabupaten Karimun yang telah melaksanakan kegiatan evaluasi pemilihan serentak tahun 2020 Kabupaten Karimun Bersama stakeholder Se- Kabupaten Karimun.

Menurut Muhammad Tang, penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Karimun sudah berjalan dengan baik meski dilaksanakan pada kondisi Pandemi Covid-19 tetapi semuanya berjalan lancar dan alhamdulillah hasilnya sudah ada.

BACA JUGA:   Pelatihan Kerja Bentuk Perhatian Pemkab Karimun Dengan Putra Tempatan

Terkait pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Karimun terpilih, Muhammad Tang mengatakan, sampai saat ini belum ada jadwal yang pasti tetapi sesuai jadwal yang ada diperkirakan pada tanggal 26 April 2021.

Muhammad Tang menambahkan, melihat jumlah partisipasi pemilih yang mencapai angka 68 persen, hal dapat dikatakan sesuatu yang luar biasa, apalagi saat pelaksanaan pilkada pada kondisi Pandemi Covid-19.

Ada 5 katagori yang diberikan penilaian kinerja secara kolektif oleh KPU Kabupaten Karimun kepada adhoc PPK yakni pertama katagori manajemen terbaik, kedua Bimtek terbaik, ketiga partisipasi pemilih terbaik, katagori daftar pemilih (DPP), dan katagori pertanggungjawaban keuangan terbaik.

Untuk penyelenggara dengan katagori manajemen teknis terbaik pertama diraih PPK Kundur Barat, terbaik kedua PPK Belat dan terbaik ketiga diraih PPK kecamatan Kundur Utara.

BACA JUGA:   Satpolair Polres Karimun Vaksinasi 100 Awak Kapal Nelayan di Kapal Patroli 2001

Sedangkan katagori Bimtek terbaik pertama diraih PPK Kecamatan Ungar, kedua PPK Kecamatan Meral Barat dan terbaik ketiga, PPK kecamatan Karimun.

Selanjutnya untuk katagori pemilih terbaik pertama diraih oleh PPK Kecamatan Moro, terbaik kedua, PPK kecamatan Tebing dan terbaik ketiga, PPK Kecamatan Durai.

Sementara katagori daftar pemilih terbaik pertama diperoleh PPK kecamatan Durai, kedua PPK Meral dan ketiga PPK Tebing dan untuk katagori pertanggungjawaban keuangan terbaik pertama, PPK Kundur, terbaik kedua, PPK Belat dan terbaik ketiga PPK Buru.

Sumber: BATAMTODAY