Serahkan Bibit di Tiga Lokasi, Marlin Yakin Stok Cabai Emak-emak Cukup saat Ramadan

Batamclick.com, Batam- Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, yakin stok cabai di Batam akan melimpah saat bulan Ramadan. Sebab, bulan puasa bertepatan dengan masa panen cabai yang saat ini ia bagikan.

Hal ini disampaikan Marlin saat menyerahkan bibit cabai di Tanjungpiayu, Kecamatan Seibeduk, Kota Batam, Jumat (9/12/2022).

“Tahun depan, Ramadan pun tiba. Maka kita sudah bisa memetik hasilnya,” ujar Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Batam ini.

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam ini menjabarkan, Ramadan menjelang sekitar bukan Maret 2023. Seiring dengan itu, biasanya kebutuhan akan cabai di Batam juga cukup tinggi.

BACA JUGA:   Rumah Dinas Disalahgunakan, BP Batam Lakukan Penertiban

Dengan sebaran bibit yang merata, maka diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan si pedas yang ngengeni tersebut.

Itulah yang membuat Marlin beberapa hari ini, ia giat membagikan bibit cabai kepada masyarakat di Kota Batam.

“Ini pemberdayaan yang nyata. Paling tidak kebutuhan salah satu bumbu dapur bisa terpenuhi secara mandiri, dan menghemat pengeluaran ibu-ibu,” ujarnya.

Sepanjang Jumat tadi, misalnya, Marlin berkunjung ke sejumlah lokasi untuk menyerahkan bibit cabai.

Sebelum ke Tanjungpiayu, ia terlebih dahulu menyerahkan bibit cabai kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Allium, Griya Batuaji Asri, Tahap IV, Kelurahan Seilangkai, Kecamatan Sagulung.

BACA JUGA:   Diduga Kapal Tengker ini yang Selalu Buang Minyak Hitam di Laut Batam

Usai Jumat, Ketua Umum Persatuan Istri Karyawan Badan Pengusahaan Batam (PIKORI BP Batam) ini, kembali menyerahkan bibit cabai di Posyandu Taburosi, Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji.

Memang sejak awal Desember ini, Marlin bergerak ke Galang, Sagulung dan daerah lainnya untuk menyerahkan bibit cabai. “Semoga hasilnya bisa membantu ibu-ibu ke depan,” kata Marlin.

Marlin berpesan kepada penerima bibit ini untuk memberi perawatan yang baik. Menurutnya, kadang bibit seperti ini perlu “dimanja-manja” agar hasilnya sangat baik.

Agar memberi hasil maksimal, Marlin tak hanya menyerahkan bibit, tapi juga pupuk, agar cabai tumbuh sempurna.

BACA JUGA:   Lolos Seleksi, Empat Pemuda Asal Batam Diundang ke International Academic Forum di Jepang

“Ini ikhtiar untuk menekan inflasi dan memenuhi kebutuhan rumah tangga,” kata perempuan kelahiran Kabupaten Tanjungbalai Karimun ini.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Marlin berjanji tiga bulan mendatang akan hadir lagi untuk melakukan panen bersama masyarakat, cabai yang ditanam hari ini. “Dengan perawatan yang baik, cabai-cabai ini akan memberikan hasil optimal,” terangnya. (ski)


MENANAM MASA DEPAN: Wagub Marlin, memberi sambutan saat menyerahkan bibit cabai di Tanjungpiayu, Kecamatan Seibeduk, Kota Batam, Jumat (9/12/2022).