Dukung Kearifan Lokal, Satgas TMMD 110/ Kodim 1201 Mempawah – Landak Hadiri Perayaan Tahun Baru Padi

LANDAK – Sejumlah personil Satgas TMMD 110/ Kodim 1201 Mempawah – Landak menghadiri ritual perayaan tahun baru padi di Desa Tolok, Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak, Sabtu (06/03/2021). Sebelum prosesi ritual dimulai, personil TNI itu memasak Lemang bersama masyarakat setempat.

“Perayaan tahun baru padi adalah salah satu kearifan lokal masyarakat disini. Karena dalam setiap acara adat di Desa Tolok selalu ada lemang, kami ikut mereka memasaknya,” kata Prada David, personil TMMD 110/ Kodim 1201 Mempawah – Landak.

Ritual perayaan tahun baru padi di Desa Tolok kali ini bertepatan dengan pelaksanaan TMMD. Dansatgas TMMD 110/ Kodim 1201 Mempawah – Landak, Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto secara khusus menghadiri ritual yang diadakan di puncak bukit.

BACA JUGA:   Anggota Satgas TMMD 110/ Kodim 1201 Ajak Anak Desa Tolok Bermain Mobil-mobilan Tradisional

Ia mengatakan, TNI hadir untuk masyarakat dalam segala suasana, termasuk ketika perayaan kegiatan adat. Dikatakan, kehadiran TNI pada kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat adat untuk terus melestarikan kearifan lokal yang sudah turun temurun dilakukan.

“Selamat tahun baru padi, semoga hasil panennya melimpah dan terus diberkahi dalam segala usaha. Hari ini perayaan tahun baru padi dilakukan serentak warga dari tiga dusun di puncak Bukit Salukut. Kami sedang membangun jalan poros desa, kalau sudah jadi nanti, mudah-mudahan bisa mempermudah warga kesini,” pungkas Letkol Inf Dwi Agung Prihanto.

BACA JUGA:   Cuma Diterangi Pelita, Anggota Satgas TMMD 110/ Kodim 1201 Tetap Bercengkerama dengan Warga

(pendim1201)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *