Batam Kota Ramah Sepeda Ketiga di Indonesia

BATAMCLICK.COM: Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) mendukung kegiatan First Sunday Ride yang merupakan acara pertama yang diadakan oleh komunitas Brompton Batam Club (BBC) di tahun 2022 sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Brompton Batam Club Ke-4, serta sebagai ajang silaturahmi sesama pecinta sepeda untuk bersepeda bersama mengelilingi aset-aset yang telah dibangun oleh BP Batam bertempat di halaman parkir Taman Rusa Sekupang pada Minggu 9 Januari 2022 pagi.

Tak kurang dari 100 peserta meramaikan giat Sepeda Santai ini dengan menggunakan Tweed Costume yang menjadi ciri khas para goweser Brompton dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-4 Brompton Batam Club.

Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi, Sudirman Saad, menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah hadir pada pelaksanaan rangkaian kegiatan tersebut sebagai ajang berkumpul untuk kegiatan positif sekaligus mensosialisasikan sarana wisata baru di Batam yaitu Taman Rusa yang akan segera diresmikan oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada komunitas Brompton Batam Club yang telah menjadikan Taman Rusa Sekupang sebagai ajang berkumpul untuk kegiatan positif, tentunya dengan perayaan Hari Ulang Tahun ini, selain untuk menjalin silaturahmi dan berolahraga sekaligus bisa mensosialisasikan tempat ini, dengan harapan Taman Rusa Sekupang bisa menjadi salah satu ikon Kota Batam,” Ungkap Sudirman Saad.

BACA JUGA:   Semangat Tak Kenal Lelah Serda Irfan Bersama Warga Dalam Pembangunan RTLH, Pra TMMD Ke 111 Kodim 0718/Pati

Pada kesempatan tersebut, Sudirman Saad juga melakukan peninjauan terhadap pengembangan wisata Taman Rusa Sekupang yang saat ini terdapat fasilitas menarik untuk menjadi tujuan rekreasi dan berolahraga. Ia juga mengajak seluruh goweser yang hadir agar bersama-sama bersatu padu membangun masyarakat yang sehat, semakin maju dan Inovatif. Dengan harapan kedepannya fasilitas dan jalur sepeda yang telah dibuat oleh BP Batam dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dengan tetap menjaga fasilitasnya.

Kegiatan ini diawali dengan pelepasan Sepeda Santai yang ditandai dengan diangkatnya bendera start oleh Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi, Sudirman Saad yang didampingi oleh Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan, Binsar Tambunan; Direktur Infrastruktur Kawasan, Imam Bachroni; Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Promosi dan Protokol, Ariastuty Sirait; General Manager Unit Usaha Hunian, Gedung, Agribisnis dan Taman, Herawan.

Tentunya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, peserta diarahkan untuk bersepeda santai yang diatur jaraknya 2 banjar untuk menikmati pemandangan serta fasilitas yang telah dibangun oleh BP Batam.

BACA JUGA:   Cristiano Ronaldo Melempem di Kandang Si Rubah

Adapun rute Sepeda Santai ini yaitu Halaman Parkir Taman Rusa (start) – Jalur Sepeda Sekupang – Sei Harapan – Sekupang – kembali ke Halaman Parkir Taman Rusa (finish).

Ketua Brompton Batam Club (BBC), Didik Darmadi mengatakan, acara ini merupakan perayaan ulang tahun Brompton Batam Club, yang mana kegiatan ini baru pertama kalinya diadakan di area Taman Rusa Sekupang.

“Kegiatan Ini baru pertama kali kami adakan di Taman Rusa, kami sangat berterimakasih kepada BP Batam yang telah mensupport kegiatan seperti ini, target peserta awalnya dari pihak internal BBC dan kami juga mengundang komunitas sepeda lainnya di Batam dengan total peserta kurang lebih 100 orang, bersepeda santai selain untuk kesehatan juga sebagai wadah jalin solidaritas sesama komunitas.” tutur Didik Darmadi.

Ketua Bike To Work Batam, Haryoto, mengucapkan terimakasih BP Batam telah menginisiasi jalur sepeda yang terproteksi, Batam dinobatkan sebagai Kota Ramah Sepeda ketiga setelah Jogja dan Bogor, kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk mensosialisasikan Taman Rusa Sekupang dan jalur sepeda yang dibangun oleh BP Batam.

BACA JUGA:   Serda Sukarji Blusukan Di Dapur Ibu Jasmi

“Kedepannya kita akan gerakkan sosialisasi Bike To Work (B2W), semoga hal ini menjadi berkelanjutan dalam rangka mengajak masyarakat untuk menjadikan bersepeda sebagai moda transportasi alternatif,” kata Haryoto.

Haryoto juga menekankan bukan hanya fasilitas tetapi juga regulasi bersepeda dapat ditetapkan oleh BP Batam maupun Pemko Batam.

Sementara itu Ketua Batam Folding Bike, Indra Harianto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan memanfaatkan fasilitas yang telah dibangun oleh BP Batam, saat ini kita turut berperan untuk mensosialisasikan fasilitas yang bisa dipakai oleh masyarakat untuk berkreasi dan berolahraga.

Seiring dengan Visi Kepala BP Batam, Muhammad Rudi pembangunan dan pengembangan fasilitas yang di bangun oleh BP Batam dan Pemerintah Kota Batam dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat Batam, dengan adanya lokasi yang mendukung untuk kegiatan berolahraga dengan didukung oleh pemandangan hijau dan asri diharapkan masyarakat Batam dapat terus menjaga pola hidup sehat.(rilis)