Kendalikan Inflasi, Wali Kota Batam Sebar Sembako Subsidi

BATAMCLICK.COM: Wali Kota Batam, H Muhammad Rudi, menyerahkan sembako subsidi di sejumlah wilayah di Batam, Kamis (9/11/2023). Sembako subsidi ini disebar sebagai upaya pemerintah mengendalikan inflasi.

“Harga sembako mulai naik, progam sembako subsidi ini upaya Pemko Batam membantu warga dan mengendalikan inflasi,” ujar Rudi saat menyerahkan secara simbolis Sembako Bersubsidi Tahap II Pemko Batam Tahun 2023 di Perum Dreamland Tanjung Riau, Sekupang.

Selain di lokasi itu, sembako subsidi juga diserahkan bersama Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, di Lapangan STC Sekupang juga di Lapangan Bola Taman Victoria Sekupang.

“Dengan memberikan sembako subsidi ini, masyarakat bisa mendapatkan sembako dengan harga murah,” ujarnya.

Ia berharap, dengan upaya ini, inflasi Batam bisa terkendali menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru ini.

Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, angka inflasi Kota Batam pada Bulan September 2023 sebesar 0,12 persen. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan inflasi bulan September 2022 yang sebesar 1,08 persen. Sehingga, inflasi di Kota Batam masih terkendali.

BACA JUGA:   Polri Ungkap Peredaran 2,5 Ton Sabu, 10,1 Juta Jiwa Terselamatkan

Sementara, inflasi tahun ke tahun (September 2023 terhadap September 2022) sebesar 2.12 persen.

Jika dibandingkan inflasi bulanan, tahun kalender, dan tahun ke tahun, pada bulan September 2023 terjadi inflasi sebesar 0,12 persen, lebih rendah dibandingkan bulan September 2022 yang mengalami inflasi sebesar 1,08 persen.

Untuk diketahui, dari 24 kota IHK di Sumatera, tercatat semua kota di Sumatera mengalami inflasi pada bulan September 2023. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Tanjung Pandan sebesar 1,41 persen dan inflasi terendah terjadi di Kota Padang sebesar 0,07 persen. Kota Tanjung Pinang menduduki peringkat tertinggi ke 8 sementara itu Kota Batam menduduki peringkat ke-22 dari dari 24 kota yang mengalami inflasi pada bulan September 2023 di Sumatera.

“Mari kita bersama-sama menjaga kekompakan dan menjaga Batam tetap aman dan kondusif sehingga program-program pemerintah bisa berjalan semua,” ujarnya.

Selain membagikan sembako murah, Pemko Batam juga menyalurkan bantuan beras gratis kepada keluarga yang kurang mampu.

BACA JUGA:   DPRD KEPRI : LISTRIK HARUS MERATA DAN MENYALA 24 JAM SEHARI

Penyaluran bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk masyarakat Batam, ini langsung diserahkan oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, bersama Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, Kamis (9/11/2023).

Bantuan CBP tersebut diserahkan untuk masyarakat Kelurahan Tanjung Uma di Fasum Tanjung Uma. Selain itu, bantuan serupa juga diserahkan untuk masyarakat Tanjung Riau, Sagulung Kota, hingga Sekanak Raya dan Tanjung Sari.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat penerima,” ujar Rudi.

Rudi mengaku, penerima bantuan tersebut merupakan hasil pencacah yang dilakukan Pemko Batam. Rudi berharap, bantuan itu tetap sasaran dan sampai kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Bagi masyarakat yang belum menerima, silakan lapor Lurah sehingga bisa diberi bantuan melalui program lain,” katanya.

Untuk diketahui, saat ini Pemko Batam sedang menjalankan program bantuan seperti Sembako Subsidi dan sejumlah program lainnya yang dilakukan demi membantu masyarakat Batam.

BACA JUGA:   Pra TMMD Rumah Sutiah Sudah 35 Persen Pengerjaanya

“Kami terus berupaya agar masyarakat terbantu,” ujarnya.

Di lokasi sama, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, mengapresiasi kepedulian Pemko Batam terhadap masyarakatnya dengan program-program bantuan seperti Sembako Subsidi hingga sembako gratis.

“Untuk program CBP ini langsung dari pusat dan kini kami salurkan untuk masyarakat demi pengendalian inflasi,” ujar Marlin.

Marlin berharap, dengan program tersebut bisa memberi manfaat seluasnya untuk masyarakat. Di kesempatan itu, Marlin juga meminta masyarakat untuk menjaga kekompakan demi pembangunan Kepri maupun Batam.

“Jaga persatuan dan kesatuan, mari kompak demi percepatan pembangunan dan peningkatan ekonomi yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, General Manager KCU Batam PT Pos Indonesia, Hemat Firdaus, melaporkan bahwa penerima CBP di kota Batam sebanyak 35.734 penerima dengan total 340 ton beras.

“Tugas kami menyalurkan cadangan beras pemerintah ini lancar. Amanah ini penunjukan dari pemerintah dan sudah dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.(adv)

Sumber : Pemko Batam