Kampung Tua Tanjung Riau Semakin Mempesona Berkat Aspirasi Cen Sui Lan

Batamclick.com, Batam – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri selalu menyuarakan soal penataan terkait kawasan kampung tua, kali ini Kampung Tua Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam.

“Sejak akhir tahun 2020 lalu Kampung Tua Tanjung Riau kita buat semakin mempesona atau mengagumkan, sebagai kampung wisata di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri),” ujar Cen

Dikatakan Cen Sui Lan bahwa Ia selalu menyuarakan soal penataan kawasan Kampung Tua ke menteri terkait. Setelah berulang kali berkoar-koar di gedung DPR RI, Kampung Tua di Tanjung Riau, Sekupang, Kota Batam, Provinsi Kepri tersebut mulai berubah menjadi kampung wisata.

” Awalnya, program yang direalisasikan tahun 2021 lalu, peningkatan kualitas pemukiman kumuh di kawasan Kampung Tua Tanjung Riau, Sekupang, Batam. Kemudian, beranjak kepada peningkatkan hunian masyarakat kurang mampu di Kampung Tua Tanjung Riau tersebut,” ungkap Cen, Selasa (08/02/2022).

Lanjut Cen, Program itu sudah terwujud hingga akhir tahun 2021 lalu. Ia juga sangat terharu dan bahagia ketika berjumpa dan bertemu dengan perempuan renta bernama Eni (65).

BACA JUGA:   Perehapan RTLH Nyoto Sudah Mencapai 60 Persen

Nenek Eni merupakan seorang warga di RW 03 Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam.

Terlihat jelas kebahagiaan Nek Eni ketika Ibu Cen turun untuk mengunjungi rumah Nek Eni untuk melihat hasil program bedah rumah.
Ia langsung memeluk erat bahagia ketika yang datang mengunjunginya adalah Cen Sui Lan, saat melihat hasil program bedah rumah.

Nek Eni sangat berterimakasih kepada Cen Sui Lan. Dengan adanya program ini yang merupakan aspirasi Cen Sui Lan di Kelurahan Tanjung Riau, sebanyak 20 unit rumah warga direnovasi. Sehingga, kawasan Kampung Tua Tanjung Riau semakin mempesona.

” Kami warga di Kampung Tua Tanjung Riau ini, sangat berterima kasih. Semoga Allah yang membalas kebaikan Bu Cen Sui Lan,” tutur Nek Eni.

BACA JUGA:   Gerobak Dorong Sangat Bermanfaat Angkut Adukan Semen

Dalam kunjungan program bedah rumah ini, Cen Sui Lan didampingi Satuan Kerja (Satker) Perumahan Kepulauan Riau, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR.

Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan bedah rumah ini, juga melengkapi program yang terintegrasi di Kelurahan Tanjung Riau dalam program KOTAKU. Program ini bersifat kawasan, dengan membangun jalan lingkar tepi pantai di Kelurahan Tanjung Riau, pada tahun anggarn 2021 lalu.

“Kami tahu, ini merupakan hasil aspirasi dan perjuangan Bu Cen Sui Lan. Sehingga menjadikan kampung kami di Kelurahan Tanjung Riau ini, semakin elok dan membuat orang kagum,” ungkap seorang warga lainnya.

Program KOTAKU maupun bedah rumah atau program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang diperjuangkan Cen Sui Lan untuk warga Tanjung Riau maupun kelurahan lainnya, merupakan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat. Sebab, sejak dua tahun terakhir, ekonomi rakyat anjlok akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA:   RSBP Batam Terima Penghargaan dari BPJS Kesehatan, Raih Quality Rate Tertinggi

” Justru itu, Pak Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum DPP Golkar selalu menekan kepada kami sebagai kader Golkar, untuk memulihkan ekonomi rakyat. Melalui program KOTAKU, bedah rumah atau PISEW, masyarakat dapat pekerjaan, dan merasakan manfaat dari program itu sendiri,” jelas Cen Sui Lan.

Sekarang, smbung Cen, hasil dari program itu bisa dirasakan masyarakat di Kelurahan Tanjung Riau ini.

Sebelumnya, Cen Sui Lan mengajak masyarakat Batam dan wilayah Kepri lainnya, agar berkunjung ke kawasan Kampung Tua Tanjung Riau. Cen Sui Lan juga mengajak DPD Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Provinsi Kepri untuk bersama-sama mengelola kawasan ini, untuk dijadikan destinasi baru di dunia pariwisata.

“Kampung Tua Tanjung Riau, patut dijadikan destinasi baru pariwisata di Batam, dan Kepri. Apalagi kalau travel bubble sudah berjalan maksimal, para turis diajak saja berwisata ke Kampung Tua Tanjung Riau, Sekupang, Kota Batam ini,” tutup Cen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *