Membedah Makna “Batam Kota Baru” yang Menjadi Tema Hari Jadi Ke-193 Kota Batam

𝑀𝑒𝑛𝑢𝑟𝑢𝑡 𝐻𝑀𝑅, 𝑣𝑖𝑠𝑖 “𝐵𝑎𝑡𝑎𝑚 𝐵𝑎𝑟𝑢”, 𝑠𝑎𝑙𝑎ℎ 𝑠𝑎𝑡𝑢𝑛𝑦𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑒𝑚𝑏𝑎𝑙𝑖𝑘𝑎𝑛 𝑝𝑟𝑜𝑠𝑒𝑠 𝑝𝑒𝑚𝑏𝑎𝑛𝑔𝑢𝑛𝑎𝑛 𝑠𝑒𝑝𝑒𝑟𝑡𝑖 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑑𝑖𝑟𝑒𝑛𝑐𝑎𝑛𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑀𝑎𝑛𝑡𝑎𝑛 𝑃𝑟𝑒𝑠𝑖𝑑𝑒𝑛 𝑅𝐼 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑗𝑢𝑔𝑎 𝑝𝑒𝑟𝑛𝑎ℎ 𝑚𝑒𝑛𝑗𝑎𝑏𝑎𝑡 𝐾𝑒𝑡𝑢𝑎 𝑂𝑡𝑜𝑟𝑖𝑡𝑎 𝐵𝑎𝑡𝑎𝑚 (𝐵𝑃 𝐵𝑎𝑡𝑎𝑚), 𝐵𝐽 𝐻𝑎𝑏𝑖𝑏𝑖𝑒.

Batamclick.com, Engku Putri- Hari Jadi ke-193 Batam (HJB) tahun ini (18 Desember 2022), mengusung tema “Batam Kota Baru”. Apa makna di balik ini?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kami bertanya langsung kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Batam Yusfa Hendri, yang juga Ketua Panitia HJB Ke-193.

Menurutnya, “Batam Kota Baru” ini sebenarnya pernah diulas oleh penggagasnya, Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), saat menjadi narasumber Live Hallo Batam FM Spesial, sempena HUT ke-27 Batam FM, di studio radio tersebut, Tanjungpinggir, Sekupang, Kamis, 3 November 2022 lalu.

Pada kesempatan tersebut, jelas Yusfa, HMR yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) ini menyampaikan, soal pembangunan kota yang bervisi Terwujudnya Batam sebagai Bandar Dunia Madani yang Modern dan Sejahtera ini.

Mengawali paparannya, HMR bersyukur bahwa pembangunan Batam kini sudah semakin terintegrasi, antara Pemko Batam dan BP Batam. Terintegrasinya kedua lembaga ini, terwujud dalam bentuk pembangunan infrastruktur di lapangan.

“Kenapa infrastruktur nomor satu. Ini saya lakukan bersama tim, baik Pemko maupun BP Batam, agar Batam semakin maju,” jelas HMR saat itu.

Seiring keterpaduan membangun inilah HMR mencetuskan jargon “Batam Baru”, atau “Batam Kota Baru”, yang kini disematkan sebagai tema HJB Ke-193 tahun 2022.

Menurut HMR, visi “Batam Baru”, salah satunya mengembalikan proses pembangunan seperti yang direncanakan Mantan Presiden RI yang juga pernah menjabat Ketua Otorita Batam (BP Batam), BJ Habibie.

BACA JUGA:   Jefridin Jenguk Wartawan Batam Pos Terkena Kanker, Semangat Obat yang Paling Mujarab

“Kenapa Pak Wali sebut Batam Baru? Karena akan banyak pembangunan yang harus dilakukan, demi kepentingan masyarakat yang harus diwujudkan,” ungkap Yusfa.

𝗣𝗲𝗺𝗯𝗮𝗻𝗴𝘂𝗻𝗮𝗻 𝗮𝗽𝗮 𝘀𝗮𝗷𝗮 𝗶𝘁𝘂?
Seperti yang sudah diketahui, di era HMR memimpin Pemko Badan dan BP Batam, pembangunan infrastruktur Batam sekarang terus dikembangkan.

Beberapa di antaranya, rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan di Sekupang. Lalu, pengembangan Pelabuhan Batuampar dan Bandara Internasional Hang Nadim.

Tidak hanya mengembangkan hub logistik, pelabuhan dan bandara, HMR juga menyampaikan perihal pengembangan akses dari jalan untuk menopang mobilisasi barang maupun orang.

“Akses kita bangun, dari Batuampar connect ke Hang Nadim hingga Nongsa, saya ingin 2023 saya akan gesa sampai selesai. Bandara maupun pelabuhan selesai, juga aksesnya selesai, orang akan nyaman masuk,” ujar HMR dalam wawancara tersebut.

Namun demikian, HMR menyebutkan fasilitas besar yang dibangun pemerintah tak akan berfungsi maksimal jika tak ada peran masyarakat. Dengan kata lain, buah pembangunan harus dinikmati oleh seluruh masyarakat Batam.

“Masyarakat harus aktif sesuai dengan kemampuan masing-masing, ikut mensuplai agar mereka yang masuk lebih tertarik pada Batam,” jelasnya.

Dari segi perizinan, peningkatan layanan juga dilakukan HMR. Melalui Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam, perizinan kini lebih terintegrasi dan semakin baik. PTSP Pemko Batam dengan PTSP BP Batam terlibat aktif di dalamnya.

Selain membangun perihal infrastruktur fisik, demi mendukung majunya Batam Rudi juga tidak lupa membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

BACA JUGA:   Semarak HUT ke-41, YKB Cabang Kota Barelang Beri Tali Asih ke Panti Jompo dan Panti Asuhan

Selain itu, Batam yang dianugerahi dengan masyarakatnya yang multikultural, juga menjadi perhatian. Ragamnya latar belakang agama, suku, budaya dan lainnya menjadi instrumen penting menyukseskan pembangunan.

“Ini saya jaga betul kekompakannya, alhamdulilah Allah SWT melindungi kita,” ujar suami Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina ini.

𝗔𝗴𝗲𝗻𝗱𝗮 & 𝗘𝘃𝗲𝗻𝘁 𝗛𝗝𝗕 𝗞𝗲-𝟭𝟵𝟯
Selanjutnya Yusfa memberi informasi bahwa di HJB ke-193 ini, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menghelat berbagai kegiatan. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam menyemarakkan.

𝗟𝗼𝗺𝗯𝗮 𝗙𝗼𝘁𝗼, 𝗠𝗲𝗻𝘂𝗹𝗶𝘀 𝗱𝗮𝗻 𝗩𝗶𝗱𝗲𝗼 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗲𝗸
Adapun rangkaian peringatan HJB antara lain diisi kegiatan lomba foto, menulis dan video pendek yang sudah di mulai sejak tanggal 5 Desember 2022, sampai dengan 12 Desember 2022. Untuk lomba menulis dan foto masing-masing memperebutkan total Rp 6 juta.

Sementara, untuk lomba VLOG memperebutkan 11 juta dengan rincian juara 1 Rp 5 juta, juara 2 sebesar Rp 3 juta dan juara 3 Rp 2 juta dan pemenang favorit Rp 1 juta. “Ayo meriahkan HJB ke 193 tahun ini. Segera mendaftar, jangan ketinggalan,” ujar Yusfa.

𝗭𝗶𝗮𝗿𝗮𝗵 𝗸𝗲 𝗠𝗮𝗸𝗮𝗺 𝗭𝘂𝗿𝗶𝗮𝘁 𝗡𝗼𝗻𝗴 𝗜𝘀𝗮
Kegiatan lain, yakni ziarah ke Makam Zuriat Nong Isa yang dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2022 pada pukul 08.30 WIB hingga selesai.

𝗣𝗮𝘄𝗮𝗶 𝗕𝘂𝗱𝗮𝘆𝗮
Selanjutnya, tanggal 17 Desember 2022 pada pukul 14.00 akan ada agenda Pawai Budaya dengan rute start di Bundaran Madani dan finish di Dataran Engku Putri Batam Centre. Pawai ini menampilkan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia

BACA JUGA:   Selamat Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, Rudi: Jadikan Momentun Menguatkan Keimanan, Persaudaraan dan Solidaritas

𝗕𝗮𝘁𝗮𝗺 𝗕𝗮𝘁𝗶𝗸 𝗙𝗮𝘀𝗵𝗶𝗼𝗻 𝗪𝗲𝗲𝗸
Pukul 19.00 WIB dengan agenda Batam Batik Fashion Week yang berkolaborasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam. Dilaksanakan di Jalan Engku Putri Batam Center.

𝗨𝗽𝗮𝗰𝗮𝗿𝗮 𝗛𝗝𝗕
Upacara HJB sendiri, akan digelar pada 18 Desember 2022 pada pukul 07.30 WIB di Alun-Alun Engku Putri Batamcenter, yang diikuti seluruh ASN Pemko Batam. Pada pukul 10.00 WIB, ada rapat paripurna istimewa bertempat di DPRD Kota Batam.

𝗠𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗔𝗻𝘂𝗴𝗲𝗿𝗮𝗵 𝗕𝗮𝘁𝗮𝗺 𝗠𝗮𝗱𝗮𝗻𝗶
Rangkaian terakhir pukul 19.00 WIB di Best Western Premier Panbil Batam agenda Malam Anugerah Batam Madani.

“Malam Anugerah Batam Madani ini merupakan pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang telah memberikan kontribusi bagi kemajuan Batam,” jelasnya.

𝗠𝗮𝘀𝘆𝗮𝗿𝗮𝗸𝗮𝘁 𝗗𝗶𝗶𝗺𝗯𝗮𝘂 𝗜𝗸𝘂𝘁 𝗕𝗲𝗿𝗽𝗮𝗿𝘁𝗶𝘀𝗶𝗽𝗮𝘀𝗶
Karena itu pihaknya mengajak masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi dengan pemasangan umbul-umbul, spanduk dan sebagainya.

Seluruh pegawai pemerintah, instansi vertikal, BUMN/BUMD dan swasta di Kota Batam diimbau untuk berbaju kurung Melayu lengkap pada hari kerja mulai 12 Desember 2022 hingga 18 Desember 2022.

“Mari kita bersama-sama menyemarakkan HJB ke-193, semoga Batam menjadi Kota Baru yang modern segera terwujud,” tutupnya.

Adapun informasi terkait tema dan logo peringatan Hari Jadi Batam ke 193 tahun 2022 dapat diunduh melalui laman https://bit.ly/HariJadiBatamke193.

Bagi yang akan membingkai foto menggunakan twibbon silakan unggah foto melalui link https://www.twibbonize.com/harijadibatamke193.