Anggota DPR RI Cen Sui Lan Anggarkan Peningkatan Sarana di MAN Insan Cendekia Nongsa

Batamclick.com, Batam – Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan memberi anggaran aspirasnya untuk mendukung peningkatan sarana Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Nongsa Batam, pada tahun anggaran 2024 mendatang. Ini merupakan bentuk kepedulian Cen Sui Lan dalam meningkatka kualitas lembaga pendidikan agama di Kepri.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri melakukan kunjungan survei untuk menyiapkan Readiness Criteria (RC) pembangunan embung sebagai penyediaan air baku dan kolam retensi MAN IC Batam, Jumat (6/10/2023). Peninjauan tersebut sekaligus untuk penataan taman sebagai fungsi estetika pada lingkungan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Nongsa Batam tersebut.

Dalam kegiatan kunjungan survei ini, Cen Sui Lan didampingi Danil Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) IV (Kepri) Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, dan Erlangga Prawira Kasatker BWS beserta PPK BWS IV. Selain itu, turut serta Dr Mahbub Daryanto Kakanwil Kemenag Kepri, Dr Zulkarnain Kakan Kemenag Batam dan Dr M Kamal Kepala MAN IC Batam.

BACA JUGA:   Jefridin Kembalikan Formulir Bacalon Kepala Daerah ke Partai NasDem

Cen Sui Lan menyatakan, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Batam pada tahun anggaran 2024 mendapatkan anggaran untuk pembangunan waduk dan penataan kawasan MAN IC. Ini sebagai dukungan sarana prasarana kepada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) terbaik keempat tingkat nasional. Selain itu, MAN IC Batam ini menerapkan Sistem Kurikulum Cambrigde, dan merupakan sekolah lanjutan atas terbaik pertama tingkat Provinsi Kepri.

“Untuk itu, saya mengalokasikan aana aspirasi untuk dukungan sarana prasarana lewat Balai Wilayah Sungai Sumatera IV (Kepri) Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR,” tegas Cen Sui Lan saat memberikan keterangan kepada awak media, usai melakukan kunjungan survei ke MAN IC Batam, Jumat (6/10/2023) kemarin.

BACA JUGA:    Jamselinas Expo Dibuka, Pengambilan Ridepack Dimulai 

Cen Sui Lan menjelaskan, fungsi dari pembangunan waduk tersebut sebagai penyediaan air baku. Sedangkan penataan kawasan MAN IC Batam, dilakukan agar lebih tertata dan nantinya bisa dibangun instalasi pengolahan air minum untuk keperluan MAN IC dan masyarakat sekitar Nongsa.

Cen Sui Lan menyampaikan, kunjungan survei ini sebagai tindak lanjut program pembangunan waduk MAN IC, yang secara kebijakan anggaran sudah disepakati dengan Dirjen SDA. Makanya, harus diselesaikan Readiness Criteria, agar program ini siap untuk dilaksanakan pada tahun anggaran 2024.

Mahbub Daryanto Kakanwil Kemenag Kepri menjelaskan, MAN IC Batam ini merupakan MAN IC terbaik keempat secara nasional, dan siap melaksanakan pertukaran siswa Madrasah untuk Singapura dan Malaysia.

BACA JUGA:   Pemkab Cilacap imbau pelaku budi daya ikan antisipasi dampak kemarau

“Nanti kita menerima siswa yang melakukan magang di MAN IC Batam, dari siswa Singapura dan Malaysia,” ujar Mahbub Daryanto.

Mahbub Daryanto yang juga Ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama Provinsi Kepri mengungkapkan, MAN IC Batam ini kebanggaan masyarakat Kepri. Karena siswa dan siswa alumni dari MAN IC Batam, banyak diterima di universitas luar negeri. Seperti Korea, Taiwan dan Jepang.

“Dan banyak diterima di universitas terbaik dalam negeri. Seperti ITB, UI, UGM dan universitas terbaik lainnya,” sebut Mahbub Daryanto Kakanwil Kemenag Kepri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *