Rampung 100 Persen, Dandim Cilacap Resmi Tutup TMMD di Desa Bulusari

Cilacap – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Kodim 0703/Cilacap yang dilaksanakan di Desa Bulusari, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, telah mencapai target 100 persen. Program yang berlangsung dari 8 Mei hingga 7 Juni 2024 ini ditutup melalui sebuah upacara yang dipimpin Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P., di lapangan desa setempat, Jumat (7/6/2024).

Turut hadir Pj. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri, A.P., M.M., bersama perwakilan Forkopimda, kepala OPD, pimpinan BUMN, BUMD, Forkopimcam setempat, dan tokoh masyarakat. TMMD telah menyelesaikan sejumlah kegiatan meliputi pembangunan rabat beton sepanjang 872 meter dengan lebar 2,5 meter, pembangunan talud sepanjang 334 meter, dan pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 3 unit yang didukung oleh CSR BAZNAS.

Selain itu, kegiatan non fisik juga tidak kalah pentingnya, termasuk pelayanan pengobatan gratis, penerbitan dokumen kependudukan seperti KTP, akta kematian, serta pembuatan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) tanpa biaya untuk anak di bawah satu tahun.

BACA JUGA:   Inilah Wajah-Wajah Anggota Satgas TMMD Ketika Beristirahat Bekerja

Panglima Kodam IV Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si., dalam sambutan yang dibacakan oleh Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P., menyatakan bahwa kerjasama antara TNI, pemerintah daerah, Polri, dan masyarakat adalah kunci dalam mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum.

“Program TMMD ini tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, tetapi juga pada peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai sosialisasi dan penyuluhan”, jelasnya.

Dandim 0703 Cilacap menjelaskan bahwa program TMMD Sengkuyung Tahap II ini merupakan contoh nyata dari sinergi yang kuat antara TNI dan komponen masyarakat, yang bersama-sama berkontribusi dalam pembangunan nasional, khususnya di daerah pedesaan dan terpencil.

BACA JUGA:   Keahlian Sertu Karyono Memperbaiki Mesin Penggerak Molen Cor

“Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan tiga kali, tahun ini kita menyelenggarakan empat kali. Mudah mudahan membawa manfaat yang lebih besar untuk masyarakat”, tegasnya.

Sementara itu PJ. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri mengapresiasi sinergitas antara TNI pemerintah daerah dan segenap masyarakat yang telah berhasil menyelesaikan TMMD Sengkuyung secara optimal dan tepat waktu. Awaludin berpesan agar masyarakat dapat menjaga hasil-hasil TMMD agar dapat memberikan manfaat dalam jangka waktu yang lama.

“Ini bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat bersama stakeholder lainnya, mudah-mudahan kompak selalu, Cilacap makin maju dan bercahaya,” harapnya.

BACA JUGA:   Kodim 0703 Cilacap Gelar Pembinaan Peningkatan Kemampuan Keluarga Besar TNI Tahun 2021

Setelah upacara penutupan kegiatan dilanjutkan dengan meninjau stand UMKM Desa setempat. Selanjutnya Dandim beserta rombongan meninjau sasaran fisik RTLH dan pemotongan pita di lokasi sasaran tanda diresmikannya jalan rabat beton.

(dn/ss)