TNI AL Luncurkan Kapal Patroli Cepat Tuna-876, Buatan PT KAS Batam

Batamclick.com, Batam – PT Karimun Anugerah Sejati meluncurkan Kapal kapal Patroli Cepat (PC) 60 Tuna-876, bertempat di Tanjung Uncang, Batu Aji, Batam, Rabu (05/06/2024).

Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, kapal Tuna-876 nantinya akan melalui tahap pengujian-pengujian untuk mengetahui kemampuannya berdasarkan kontrak yang direncanakan.

“Kapal Tuna-876 ini jenis patroli cepat. Kapal ini ditujukan untuk Koarmada I dan nanti rencana penempatannya di Lantamal I Belawan, tepatnya di satuan kapal patroli (Satrol) Belawan,” sebut Ali usai acara peluncuran kapal.

Dalam pembangunan kapal patroli cepat di kelas 60 meter ini, telah menghabiskan anggaran sebesar Rp219 miliar yang dibangun selama 22 bulan.

BACA JUGA:   Kunker danrem 033/WP Bersama FKPD ke Pulau Nipa dan Pulau Pelampong

Kapal ini adalah patrol craft (kapal patroli) dengan dilengkapi senjata meriam kaliber 40 milimeter, senjata mitraliur 12,7 dan juga beberapa senjata-senjata ringan lainnya.

“Tujuannya adalah untuk pelaksanaan hukum di laut. Perlu diketahui kapal ini diproduksi oleh industri dalam negeri, dan sesuai arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, harus terus mengembangkan industri perkapalan dalan negeri,” jelas Ali.

Ke depan, kata dia, pihaknya akan lebih memacu dalam membangun kapal-kapal yang lebih modern lagi.

“Jadi, kapal ini (Tuna-876) dengan beberapa patrol craft lainnya, yang dibangun di dalam negeri maupun di luar negeri kemampuannya hampir sama. Namun kecepatannya sudah meningkat, sehingga bisa mencapai 24 knot (kecepatan maksimal),” terang Ali.

BACA JUGA:    BP Batam Tanggapi Keluhan Pemadaman Listrik di Kawasan Industri

Sementara, Komisaris PT KAS, Franky Sucipto mengucapkan terima kasih atas kehadiran KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali beserta jajaran pejabat utama dari Mabesal pada acara peluncuran patrol craft Tuna-876.

“Merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami (PT KAS) atas kepercayaan TNI Angkatan Laut untuk turut serta dalam membangun alutsista pertahanan,” ucapnya ketika menyampaikan sambutan.

Atas kepercayaan yang diberikan, PT Karimun Anugrah Sejati akan berkomitmen untuk dapat menyelesaikan pembangunan kapal tersebut dengan tepat waktu, tepat mutu dan tepat guna.

Diketahui, keunggulannya kapal ini juga memiliki peralatan navigasi yang sangat canggih dan berteknologi.

BACA JUGA:   Marlin Hadiahkan Masjid Raja Hamidah untuk Almarhum Ibunda Tercinta

Kapal ini memiliki panjang 62,40 meter dengan lebar 8,80 meter dan tinggi 19,37 meter serta dapat mengangkut sekitar 50 ABK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *