Berkat Perjuangan Cen Sui Lan, Pembangunan Jalan Trans Barelang Kembali Dianggarkan Rp 36 Miliar

Batamclick.com, Batam – Anggota Komisi V DPR RI, Fraksi Golkar, Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan sangat serius dalam menuntaskan pembangunan Jalan Nasional Trans Barelang, Kota Batam.

Sebelumnya pembangunan jalan tersebut sempat terkendala pada saat penyerahan aset oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam. Berkat perjuangan Cen Sui Lan, kini pembangunan jalan tersebut dianggarkan Rp 36 miliar, pada tahun anggaran 2023 mendatang.

Cen Sui Lan sempat geram terhadap BP Batam, pada tahun 2021 lalu. Hal ini karena pada saat peninjauan di lokasi pembangunan, diketahui bahwa BP Batam belum menyerahkan aset untuk pembangunan jalan dua jalur Trans Barelang. Cen meminta BPK RI mengaudit BP Batam.

BACA JUGA:   Batam Terima Dua Penghargaan Sekaligus

Peninjauan yang dilakukan Cen terkait pembangunan jalan dua jalur trans Barelang, karena itu merupakan bagian dari fungsi pengawasan DPR RI kepada mitra kerja, yaitu Kementerian PUPR.

Dalam peninjauan itu, persoalan serah terima lahan dari BP Batam belum clear. Justru itu, Cen Sui Lan meminta agar pihak BP Batam sebagai yang mengelola lahan di Batam segera menyerahkan aset lahan jalan yang dibangun oleh pihak Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Perjuangan Cen Sui Lan tidak sampai di situ, untuk penambahan lajur Jalan Tembesi menuju Tanjung Berikat, hingga Jembatan 1 Barelang, pembangunan jalan dua lajur ini sepanjang 3 kilometer. Segala macam cara pun dilakukan Cen Sui Lan agar Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR menuntaskan pembangunan Jalan Nasional Trans Barelang ini.

BACA JUGA:   TAUZIA Hotels Memberikan Penawaran Spesial Selama Ramadhan

“Untuk tahun anggaran 2023, sudah disetujui pembangunannya dan dianggarkan Rp 36 miliar,” ujar Cen, Rabu (6/7/2022).

Sementara itu Hedy Rahardian selaku Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR pada saat RDP Komisi V DPR RI, langsung memberikan laporan kepada Cen Sui Lan tentang jalan nasional Trans Barelang, sudah masuk dalam kegiatan Program tahun anggaran 2023.

“Untuk ibu Cen, Jalan Nasional Trans Barelang, kita kerjakan di tahun anggaran 2023. Begitu pernyataan Pak Hedy Rahardian kepada saya, ketika RDP tersebut. Mudah-mudahan, tahun anggaran 2023 nanti, penuntasan pembangunan jalan Trans Barelang ini sudah dilaksanakan,” tutup Hedy.

BACA JUGA:   Jembatan Selayang Pandang II Jadi Ikon Baru Tarempa