Ardi : Batam jadi ” Travel Hub Pariwisata” di Indonesia

Batamclick.com, Disbudpar Batam- Kota Batam sebagai peran tara wisata (travel hub) bagi daerah lain di Indonesia, karena Batam memiliki banyak pilihan pintu masuk internasional. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata saat menghadiri Kegiatan Sales Mission Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertempat di Hotel Batam, Senin (5/12/2022).

“Kemaren saya menghadiri kegiatan table top seperti ini dari Badung Bali, Samosir, dan hari ini dari Babel (Kepulauan Bangka Belitung) Batam jadi travel hub.

Ardi menjelaskan Batam sebagai travel hub ini sudah berlangsung lama. Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam hal ini Disbudpar Kota Batam mengambil peran dalam ikut mempromosikan wisata daerah lain.

“Kota Batam dibangun setelah industri, alih kapal jasa baru muncul pariwisata, Batam menjadi tempat dari kabupaten kota lain se Indonesia sebagai tempat berpromosi,” ucapnya.

BACA JUGA:   Marlin Dikukuhkan Sebagai Bunda PKH

Ardi menyebut, ada 10 tujuan wisman ke Batam diantaranya wisata religi, budaya, kuliner, olahraga, belanja, Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (Mice). Pada tahun 2019, kunjungan wisman mencapai 1.947.943 kunjungan terbesar kedua ( Kepri ) setelah Bali.

“Ini bisa ditangkap artinya Batam tempat yang baik untuk berjualan bagi daerah lain,” terangnya.

Ia mendorong pelaku pariwisata membuat paket perjalanan dari Batam menuju Kepulauan Bangka Belitung untuk wisman. “Saya dorong seller buat paket perjalanan untuk wisman misalnya dua hari di Batam kemudian dilanjutkan ke Kepulauan Bangka Belitung,” ujarnya.

Batam memiliki akses ke daerah lain di Indonesia juga sangat baik, bisa melalui jalur laut maupun udara. Wali Kota Batam yang juga menjabat Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mendedikasikan Kota Batam sebagai kota pariwisata. Itu bisa dilihat dari infrastruktur yang tengah dikembangkan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

BACA JUGA:   Brigjen Jimmy: Semua Pihak Harus Konsisten Bersama Lawan Ancaman Gelombang Omicron

Selain itu Kota Batam mempunyai amenitas yang lengkap, diantaranya 365 hotel, 1032 restoran, 12 pusat perbelanjaan (mal), dan sebagainya. Kemudian Batam mempunyai ragam atraksi baik atraksi alam, budaya, dan buatan.

Sub Koordinator Pemasaran Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Anugrah Gusta Prima, mengatakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan DPD Asosiasi Pelaku Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan roadshow atau sales mission.

“Kegiatan ini merupakan kunjungan bersama pihak pelaku pariwisata Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka memperkenalkan, mempromosikan paket wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke Provinsi Kepulauan Riau sehingga diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kepulauan Bangka Belitung,” katanya.

BACA JUGA:   Rudi dan Marlin Ajak PPM Kepri Membangun Daerah

Ketua DPD ASPPI Kepri, Donna menyampaikan, kegiatan ini dihadiri 10 seller (penjual) terdiri dari destinasi, hotel dan travel agen. Kemudian ada 35 buyer (pembeli) pada kegiatan ini.

“Kegiatan ini kami (Asppi) mengundang teman-teman travel agent Batam dan hadir juga Ketua Umum Asppi, Agus Pahlevi,” katanya.

Kegiatan dihadiri sejumlah ketua asosiasi pariwisata yang berdomisili di Kota Batam dan Kepti , hadir juga Irwan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Kepri, dan Pengurus Asosiasi yang lain nya.