RDP Bersama BMKG Pusat, Cen Sui Lan Pertanyakan Pengadaan Radar Canggih MS-2 di Natuna

Batamclick.com, Tanjungpinang – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menanyakan ke BMKG pusat terkait anggaran pengadaan radar tercanggih jenis MS-2.

Cen Sui Lan menanyai langsung kepada Kepala BMKG pusat tentang anggaran pembangunan radar MS-2. ” Saya cemas jika tidak dianggarkan BMKG pusat pada tahun anggaran 2023 nanti,” ungkap Cen saat rapat dengar pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Kepala BMKG dan Kepala Basarnas, Selasa (31/5/2022).

Dikatakan Cen pada tahun 2021 lalu, Komisi V dan BMKG sudah membahas pinjaman luar negeri untuk pembangunan radar MS-2. Sampai saat ini, belum dapat seperti updatenya. Ini saya pertanyakan, karena menyangkut juga dengan pembangunan radar di Provinsi Kepri.

” Berdasarkan data BMKG, dari dana pinjaman luar negeri itu, pagu (2023) di BMKG sekitar Rp460 miliar. Jumlah itu khusus pinjaman dari luar negeri. Tapi yang ditargetkan atau yang diperlukan BMKG, sekitar Rp389 miliar,” jelas Cen kepada Batamclick.com, Sabtu (4/06/2022).

BACA JUGA:   Kembangkan Infrastruktur, Bakti Rudi Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Sejahterakan Masyarakat

” Apakah sisanya itu dikembalikan ke luar negeri? Pinjaman dari luar negeri itu kan biasanya ada bunganya. Nah, ini yang perlu saya minta penjelasannya,” sebut Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan khawatir, jika pengembalian atau bunga dana pinjaman di pagu anggaran 2023 BMKG pusat itu, akan mengurangi kegiatan pada BMKG. Termasuk peniadaan pembangunan radar MS-2 di Ranai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Cen Sui Lan menilai, data pagu tahun anggaran 2023 di BMKG itu agak aneh. Seperti sumber dana rupiah murni untuk kegiatan layanan informasi gempa bumi ditujukan 208 orang, dengan pagu Rp1,950 miliar. Kini, ditargetkan 2.880 orang, dengan hanya peningkatan dana mencapai Rp2,7 miliar. Peningkatan dana Rp1 miliar, justru menjadi 2 ribuan orang. Begitu juga dengan beberapa kegiatan lain, dengan pagu yang ‘aneh’.

BACA JUGA:   Hari Air Sedunia Diperingati, SPAM Batam Bagi Cara Untuk Hemat Air

” Kok peningkatan 100 persen, orangnya menjadi ribuan. Makanya saya pertanyakan juga soal pagu untuk pembangunan radar MS-2 di Natuna, Kepri ini,” tegas Cen.

Pada saat RDP tersebut, Cen Sui Lan sempat membandingkan program kegiatan Basarnas pusat. Ia menilai, dengan anggaran yang kecil, Basarnas bisa menjalankan program yang banyak dan tepat sasaran.

Cen Sui Lan mengapresiasi atas kinerja Basarnas, dan berharap bisa menjadi contoh bagi lembaga dan kementerian lainnya.

Sebelumnya, Cen Sui Lan melakukan kunjungan kerja pengawasan ke Kabupaten Natuna, awal Maret 2022 lalu. Cen Sui Lan didampingi Guswanto selaku Deputi BMKG pusat, meninjau langsung lokasi lahan untuk pembangunan gedung BMKG Natuna. Gedung BMKG untuk sarana penyediaan radar MS-2 tersebut akan dibangun pada tahun anggaran 2022 ini.

BACA JUGA:   Semoga Dapat Meringankan Beban Ibu-ibu

” Pembangunan gedung tersebut dilakukan pada tahun anggaran 2022 ini. Dana pusat yang dialokasikan sebesar Rp15 miliar. Laporan Pak Guswanto, proyek bangunannya masuk tahap lelang,” terang Cen.

Gedung untuk penempatan radar MS-2 ini dibangun di lahan seluas 1 hektare. Setelah gedung itu dibangun, akan digunakan untuk penempatan radar MS-2.

” Untuk pengadaan radar MS-2 ini, juga lagi diproses. Radar yang disediakan tahun anggaran 2023 tersebut, berteknologi canggih. Selain sebagai dukungan terhadap FIR juga berfungsi kemaritiman dan fungsi pertahanan,” tutur Cen.