Lingga  

Ketua DPRD Lingga Bangga, Warganya Sukses Panen Udang

BATAMCLICK.COM: Perkembangan budaya udang vaname di Kabupaten Lingga semakin mengalami kenaikan, secara bertahap telah menunjukkan hasil yang positif dari hasil panen di sejumlah tambak kelompok pembudidayaan ikan (Pokdakan) yang tersebar dibeberapa wilayah Kabupaten Lingga.

Ketua DPRD Kabupaten Lingga Ahmad Nashiruddin saat ikut turun menyaksikan dan memanen udang vaname di tambak udang yang dikelola oleh kelompok pembudidaya di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan menyebutkan perkembangan budidaya udang vaname di Kabupaten Lingga sangat menjanjikan dan mengalami perkembangan yang baik secara bertahap.

“Jika ditekuni dan dikelola dengan baik, tentunya akan berdampak pada ekonomi masyarakat. Kita berharap masyarakat optimis dan menekuni budidaya ini,” kata Ahmad Nashiruddin Jumat (5/2/2021)

BACA JUGA:   76 Tahun Indonesia Merdeka, 70 Warga Kepri Tervaksinasi

Menurut politisi Partai Nasdem ini, tentunya dalam hal budidaya atau pertambakan udang diperlukan konsisten, komitmen dan optimisme yang kuat dari para kelompok-kelompok pembudidaya agar dapat maju dan berkembang secara luas lagi dan menghasilkan panen yang lebih banyak lagi.

“Kita harap para kelompok atau pembudidaya terus optimis dan jangan mudah menyerah, juga diperlukan manajemen pengelolaan keuangan yang baik agar dapat terus berkembang lebih luas dan menghasilkan udang yang berkualitas dan kuantitas yang lebih besar lagi. Setiap jual hasil panen harus dapat mengatur hasil jualnya untuk kembali membeli bibit dan kebutuhan lainnya, agar terus berkesinambungan,” kata dia

BACA JUGA:   Pemkab Lingga Raih Predikat Informatif Penganugerahan KIP Tahun 2023

Ketua DPRD Lingga Udang Vaname Sangat Menjanjikan
Ketua DPRD Lingga ikut panen parsial di tambak Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan (Foto : Eko)
Tentunya DPRD dan Pemda mendukung penuh para pembudidaya, apalagi sifatnya yang membangun perekonomian masyarakat. Menurut mantan jurnalis ini mengatakan, terkait penjualan atau mendatangkan pembeli dari hasil panen para kelompok pembudidaya, jika kedepan hasil panen dari kelompok pembudidaya meningkat tentunya DPRD Lingga dan Pemda akan mencarikan solusi agar hasil panen dapat terjual dengan harga yang layak dan sesuai.

Artinya, lanjut dia saat ini kelompok pembudidaya hanya diperlukan optimis menjadi nelayan pembudidaya, tidak menutup kemungkinan Kabupaten Lingga kedepan pada sektor tambak udang Vaname ini bisa menjadi pensuplai udang vaname untuk daerah di Indonesia atau bahkan keluar negeri.

BACA JUGA:   STQ Singkep Selatan Resmi Dibuka Asisten I Pemerintahan Kabupaten Lingga

“Lingga memiliki lahan yang sangat luas dan SDM yang luar biasa, hanya saja bagaimana kita berkeinginan dan optimis membangun kampung kita sendiri. Saya menyakini jika ditekuni dengan baik dan mendapatkan dukungan dan bimbingan, udang vaname kedepan bakal jadi sumber penghasilan bagi masyarakat kita,” katanya.(mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *