Baim Wong dan Paula Minta Maaf di Polsek, Kuasa Hukum Bilang…

Baim Wong dan Paula

BATAMCLICK.COM: Beredarnya video Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven terkait konten prank KDRT saat ini ditindaklanjuti ke ranah hukum.

Perwakilan kuasa hukum mengatakan, Baim Wong akan dilaporkan dan diberi somasi terkait konten prank yang diunggahnya pada Minggu, 2 Oktober 2022.

Baim Wong terancam dikenakan pasal 220 KUHP, Pasal 14 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang hukum pidana, dan terancam hukuman 1 tahun 4 bulan penjara.

Kuasa hukum tersebut mengatakan, Baim Wong sudah ada itikad baik dengan datang ke Polsek untuk meminta maaf.

Namun, menurutnya, konten yang dibuat Baim Wong dan istri tidak cukup dengan hanya meminta maaf saja, karena masyarakat Indonesia tidak bisa dibodohi, terlebih lagi orang yang di-prank ialah pihak kepolisian.

BACA JUGA:   Satgas TMMD Bantu Warga Membenahi Kandang Sapi

“Tetapi permintaan maaf saja tidak cukup. Karena masyarakat kita, rakyat kita tidak bisa dibodohi dengan video-video prank. Apalagi yang di-prank ini adalah polisi,” ucapnya.

Untuk saat ini, tahap somasi terhadap Baim Wong belum dilakukan, sebab menurutnya masih berjalan dua hari lagi untuk Baim Wong membalas somasi.

Somasi tersebut, kata dia, mengadakan press conference permintaan maaf kepada seluruh warga Indonesia dan membuat perjanjian agar tidak mengulanginya lagi.

Namun, apabila Baim Wong tidak membalas somasi yang dilaporkan untuknya, maka akan tetap dilanjutkan proses hukum.

BACA JUGA:   Dapat Emas di Olimpiade Tokyo 2020, Ini 4 Catatan Spesial Greysia/Apriyani

Tetapi juga jika somasi tersebut dilakukan, belum tentu laporan terhadapnya dicabut, sebab apabila laporan sudah dinaikkan kemungkinan proses hukum akan tetap berlanjut.

Kendati demikian, somasi ini dilakukan sebelumnya karena pihak kuasa hukum saat itu masih belum mengetahui keseluruhan isi dari video prank tersebut.

Namun setelah melihat video keseluruhan terkait prank KDRT itu, kuasa hukum mengatakan bahwa dalam video tersebut memang ada unsur pidananya.

“Setelah kita dapat full, ternyata unsur pidananya setelah kita gelar perkara ada,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa langsung melaporkan Baim Wong ke polisi, sebab ia merupakan tim dan hanya bisa melakukan teguran atau peringatan terhadapnya.

BACA JUGA:   AS Roma Bidik Top Skor Copa America 2021

“Karena kita punya tim, kita juga tidak bisa melaporkan langsung beliau. Kita kasih dulu teguran atau peringatan untuk Baim,” ucapnya.

Dalam isi video Baim Wong, kuasa hukum tersebut mengatakan kemungkinan termasuk pada pengaduan palsu.

“Baim ini cepat juga take down nya setelah viral, banyak menghujat dia take down. Tetapi untung kita mempunyai video full dari YouTube Baim,” ucapnya.

Tak hanya pasal yang sudah disebutkan di atas, Baim juga akan dikenakan Pasal 27 Ayat 3 Undang-Undang ITE.***