Kodim 0703/Cilacap Siap Mendukung Operasi Ketupat Candi 2024

Cilacap – Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P., menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2024. Apel tersebut dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Cilacap Awaludin Muuri, AP., M.M yang diikuti oleh seluruh personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes, BPBD, Basarnas, Senkom dan 1 SSK Gabungan Linmas, Security, Pramuka dan Pokdarkamtibmas, bertempat di Alun alun, Jl. Jenderal Sudirman No. 32 Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Kamis (04/04/2024).

Dalam apel ini Kapolresta Cilacap Kombes Pol. Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P., Danlanal Cilacap Kol. Laut (P) Robby Edevaldo, S.A.P., M.Tr. Opsla. turut mendampingi Pj. Bupati. Hadir pula unsur Forkopimda, para pejabat, dan pimpinan lembaga, BUMN, BUMD serta undangan lain.

“Berdasarkan survei, Kementerian Perhubungan memprediksi adanya potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang pada musim lebaran tahun 2024, meningkat sebesar 56,4% dibandingkan tahun 2023”, kata Pj. Bupati saat membacakan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

BACA JUGA:   Satgas TMMD Reg.111 Kodim Pati Kompak Bersama Warga Pasang Spanduk dan Baliho

Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk mudik lebih awal mengingat kenaikan signifikan tersebut. Untuk menghadapi tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat bersandi ’Ketupat 2024’.

“Dalam operasi ini telah dipersiapkan dengan 5.784 pos yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu,” ungkap Pj. Bupati.

Pada kesempatan yang sama Kapolresta Cilacap, Kombes Pol. Ruruh Wicaksono mengatakan, khusus di Kabupaten Cilacap, tahun ini pihaknya menerjunkan personil Polri, TNI, dan instansi terkait.

”Ada perbedaan pengamanan tahun ini. Tahun lalu kita membangun kurang lebih ada 13 pos pengamanan. Tahun ini hanya 5, kemudian kita perkuat dalam bentuk pos pos strong point, titik macet, titik titik keramaian kita bangun strong point. Kita libatkan anggota juga,” terangnya.

BACA JUGA:   Satgas TMMD Capai 80 Persen Pengecoran Jalan Desa Tamansari

Sementara itu Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P., menyampaikan kesiapan jajarannya untuk memberikan dukungan kepada kepolisian dalam menjalankan Operasi Ketupat Candi 2024 selama 24 jam penuh.

“Kerjasama yang solid antara TNI-Polri dan lintas sektoral merupakan pondasi utama untuk mencapai tujuan bersama dalam menjaga keamanan dan kenyamanan selama perayaan Idul Fitri 1445 H,” tegasnya.

Usai pelaksanaan apel gelar pasukan, dilanjutkan dengan pengecekan kesiapan pasukan.

(Pendim)